Hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 168 Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya

Selasa, 05 Desember 2023 - 11:22 WIB
loading...
Hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 168 Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya
Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Baqarah ayat 168 yang penting dan bermanfaat untuk diketahui. Foto ilustrasi/ist
A A A
Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Baqarah ayat 168 yang penting dan bermanfaat untuk diketahui. Terutama bagi yang masih belajar, sehingga tidak menjadi kesalahan makna dan arti dalam setiap ayatnya.

Surat Al Baqarah sendiri merupakan surat kedua dalam Al Quran yang terdiri dari 286 ayat. Surat yang disebut sebagai surat punuk atau puncaknya Al Quran ini termasuk dalam golongan surat madaniyah.

Dalam surat Al Baqarah ayat 168, ada banyak hukum tajwid- nya. Beberapa di antaranya seperti mad thabi’i, mad jaiz munfasil, alif lam syamsiyah, ghunnah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 168

1.
يٰٓاَيُّهَا


Hukum tajwidnya adalah Mad Jaiz Munfasil. Karena ada mad thabi’i yang menghadapi huruf hamzah atau alif namun pada lain kata. Adapun cara membacanya adalah dibaca 2 sampai 5 harakat.

2.
يُّهَا النَّاسُ


Hukum tajwidnya adalah Alif lam Syamsiah. Karena ada huruf alif lam mati yang bertemu dengan salah satu huruf syamsiah yaitu nun. Cara membacanya adalah al nya dibaca samar dan langsung masuk ke huruf syamsiahnya.

3.
كُلُوْا


Hukum tajwidnya adalah Mad thabi’i. Karena ada huruf wawu mati setelah dhammah. Cara membacanya adalah dibaca panjang 1 alif atau dua harakat.

4.
مِمَّا


Hukum tajwidnya adalah Ghunnah. Alasannya adalah karena ada huruf mim yang ditasydid. Cara membacanya adalah dibaca dengung dengan panjang dua sampai tiga harakat.

5.
مِمَّا


Hukum tajwidnya adalah Mad thabi’i. Alasannya adalah karena ada huruf alif mati setelah fathah. Cara membacanya adalah dibaca panjang 1 alif atau dua harakat.

6.
فِى الْاَرْضِ


Hukum tajwidnya adalah Alif lam Qamariyah. Alasannya adalah karena ada huruf alif lam mati yang bertemu dengan salah satu huruf qamariyah yaitu alif. Cara membacanya adalah al nya dibaca dengan jelas

7.
حَلٰلًا


Hukum tajwidnya adalah Mad ashli. Alasannya adalah karena ada fathah berdiri di atas huruf lam. Cara membacanya adalah dibaca panjang 1 alif atau dua harakat.

8.
حَلٰلًا طَيِّبًا


Hukum tajwidnya adalah Ikhfa haqiqi. Alasannya adalah karena ada tanwin fathah yang bertemu dengan huruf Tho. Adapun cara membacanya adalah samar-samar atau dengung panjang satu setengah alif atau 3 harakat.

9.
طَيِّبًا


Hukum tajwidnya adalah Mad Iwad. Alasannya adalah karena ada huruf alif berharakat tanwin fathah dan dibaca waqaf/berhenti. Cara membacanya adalah Harakat tanwin fathah diganti menjadi fathah dan dibaca panjang satu alif atau dua harakat.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)