Digital Alliance, Kolaborasi Komunitas untuk Perkuat Ekosistem dan Talenta Digital di Indonesia

Selasa, 05 Desember 2023 - 06:30 WIB
loading...
Digital Alliance, Kolaborasi Komunitas untuk Perkuat Ekosistem dan Talenta Digital di Indonesia
Dalam upaya mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, Digital Alliance lahir sebagai wadah kolaborasi dari berbagai komunitas digital di Tanah Air. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam upaya mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, Digital Alliance lahir sebagai wadah kolaborasi dari berbagai komunitas digital di Tanah Air. Langkah ini menjadi landasan bagi komunitas-komunitas digital untuk bersatu dan berkolaborasi dalam mengembangkan talenta digital yang berkualitas.

Komunitas-komunitas yang bergabung dalam Digital Alliance mencakup bidang data, software, desain, dan produk. Komunitas ini telah memainkan peran penting sebagai pelopor dalam membentuk talenta digital.

Digital Alliance diresmikan dalam acara Data Science Weekend (DSW) yang diselenggarakan komunitas Data Science Indonesia, berkolaborasi dengan Telkomsel pada 25–27 November lalu di Telkomsel Smart Office Jakarta.

DSW merupakan acara dua tahunan yang diinisiasi oleh komunitas Data Science Indonesia. DSW mengajak masyarakat untuk mengeksplorasi berbagai aspek ilmu data, sekaligus mewadahi pertemuan para pemikir terkemuka dalam industri data.

Selama 3 hari, DSW menghadirkan berbagai kegiatan menarik. Di antaranya Data Concert, Data Challenge, Data Class, Data Expo, dan Data Career.

Data Science Weekend 2023 turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas. Hal tersebut menunjukkan dukungan kuat pemerintah terhadap upaya yang dilakukan oleh komunitas digital, terlebih bagi Menteri Kominfo yang memiliki fokus terhadap penyebaran berita bohong dan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam upaya meningkatkan ekosistem digital di Indonesia.

“Melalui berbagai regulasi, pemerintah terus berupaya melakukan penanganan hoaks dan disinformasi secara komprehensif. Harapannya, melalui upaya tersebut, ketahanan informasi kita akan semakin kuat, produktif, dan sehat," kata Budi Arie Setiadi, menyoroti literasi digital masyarakat dari segi penyaringan informasi di media digital.

"Di tahap ini, kami mendorong masyarakat untuk menyaring informasi yang didapat secara proaktif dan mandiri. Dalam hal ini kami bermitra dengan komunitas, akademisi, dan institusi pemerintahan lain," lanjutnya.

Dalam paparan terpisah, Menteri Abdullah Azwar Anas mendorong komunitas digital untuk mendukung kemajuan penerapan pemerintah.

“Masukan dan dukungan komunitas digital akan memastikan ekosistem digital kita terbentuk semakin baik. Digitalisasi sektor publik harus kian baik sebagaimana yang berjalan di sektor privat,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)