6 Jenis Vitamin yang Harus Dikonsumsi Anak Guna Dukung Tumbuh Kembangnya

Rabu, 06 Desember 2023 - 13:13 WIB
loading...
A A A
Pertumbuhan tulang dan gigi pada anak dapat dipengaruhi oleh vitamin C lho bund. Soalnya, vitamin C berperan penting untuk membentuk kolagen, membantu melawan infeksi, menyerap zat besi, serta membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, dan gusi anak.

Bunda bisa memberikan berbagai asupan makanan yang mengandung vitamin C kepada si Kecil melalui beragam buah dan sayuran seperti jeruk, kiwi, kentang, dan paprika.

4. Vitamin D

Untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, mereka akan sangat membutuhkan vitamin D. Fungsi vitamin ini untuk menyerap kalsium yang akan digunakan dalam pertumbuhan tulang.

Fungsi vitamin D lainnya, yaitu untuk melawan infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh. Si Kecil perlu diberi sumber vitamin D yang bisa diperoleh dari sinar matahari, susu, keju, salmon, jamur, kuning telur, tuna kaleng, sereal, dan oatmeal.

5. Vitamin E

Banyak banget fungsi dari vitamin E untuk mendukung tumbuh kembang anak bunda lho. Seperti mengurangi risiko radang sendi dan katarak, pembentukan sel darah merah, memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, memperlambat penuaan, serta menjaga kesehatan otak dan saraf.

Soalnya, vitamin E merupakan zat antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel dari kerusakan. Makanya, yuk beri asupan si Kecil yang mengandung vitamin E seperti makanan laut, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

6. Vitamin K

Bunda pasti nggak tega kan kalau lihat si Kecil luka? Makanya, beri asupan vitamin K karena mampu berperan penting dalam proses pembekuan darah, sehingga membantu mencegah perdarahan saat anak terluka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)