KPU Goes to Campus Sambangi UWKS, Berharap Mahasiswa Aktif di Pemilu 2024

Rabu, 06 Desember 2023 - 14:22 WIB
loading...
KPU Goes to Campus Sambangi UWKS, Berharap Mahasiswa Aktif di Pemilu 2024
KPU Goes to Campus sebagai media sosialisasi pemilu 2024 untuk pemilih pemula itu digelar di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Selasa (5/12/2023). Foto/Masdarul KH
A A A
SURABAYA - KPU Goes to Campus telah dimulai. Kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 untuk pemilih pemula itu diawali dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ( UWKS ), Selasa (5/12/2023).

KPU Jatim rencananya menggelar acara serupa di kampus lain, pesantren, dan sekolah. "Tak hanya sosialisasi, pendidikan pemilih dalam bentuk tatap muka, kami juga nobar film "Kejarlah Janji”," kata Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Gogot Cahyo Baskoro

Harapannya dari sisi kognitif mahasiswa jadi paham semua hal tentang Pemilu 2024. Misalkan kapan pemungutan suaranya,siapa yang dicoblos dan lainnya. Baca Juga: Utak-atik Format Debat Capres-Cawapres Berujung Polemik
Gogot melanjutkan, tujuan afektif dari yang sebelumnya apatis, acuh tak acuh bahkan menolak bisa setuju bahkan ikut pelaksanaan pemilu. Diharapkan secara psikomotorik mahasiswa bisa berpartisipasi aktif dalam pemilu. "Bahkan, bisa juga mengikuti program magang dalam rangka kampus merdeka di seluruh KPU di kabupaten atau kota di Jatim sebagai petugas KPPS," ujarnya.

Sementara itu, UWKS yang dikenal sebagai kampus budaya ini, dipilih sebagai tempat optimalisasi pelaksanaan sosialisasi Pemilu di kalangan pemilih pemula dan muda. Setidaknya 200 mahasiswa ikut serta dalam kegiatan KPU Goes To Campus ini.

Rektor UWKS Widodo Ario Kentjono mengungkapkan, acara sosialisasi ini menjadi acara yang penting bagi pihaknya. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah, khususnya KPU Jatim benar-benar menunjukkan kepercayaannya kepada civitas akademika untuk memberikan bimbingan dan pemahaman tentang Pemilu 2024.

"Tentunya kami berharap akan sangat bermanfaat bagi warga kampus, karena baik mahasiswa ataupun civitas UWKS sangat memperhatikan kemajuan ke depan bangsa Indonesia," lanjutnya.

Sosialisasi yang juga dikemas dengan kegiatan Nonton Bareng (Nobar) Film "Kejarlah Janji”, menurutnya akan sangat menarik perhatian generasi saat ini. "Kami sangat senang dan berterima kasih atas kunjungan ke kampus. Semua warga civitas akademik berharap Pemilu berjalan adil jujur aman dan nyaman," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)