Mengenal Profesi CRM yang Jadi Incaran Gen Z dan Milenial

Rabu, 06 Desember 2023 - 23:45 WIB
loading...
Mengenal Profesi CRM yang Jadi Incaran Gen Z dan Milenial
Profesi customer relationship management belakangan ini semakin digandrungi para Gen Z dan milenial. Di mana pekerjaan ini berkaitan erat dengan media sosial. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Profesi customer relationship management (CRM) belakangan ini semakin digandrungi para Gen Z dan milenial. Di mana pekerjaan ini berkaitan erat dengan media sosial.

Tak pelak bila profesi CRM kini menjadi incaran Gen Z dan milenial yang notabennya sangat aktif di media sosial.

Rakhmat Aulia selaku account executive mengatakan tugas CRM sejatinya mirip dengan account executive (AE). Mereka akan berhubungan langsung dengan para klien.

"AE dan CRM sebetulnya mirip-mirip, tugas mereka membangun relation dan chemistry dengan klien. Makanya CRM itu sangat berpengaruh terhadap profesi AE dan sales secara general," kata Rakhmat dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (6/12/2023).



Aulia menjelaskan, tugas penting CRM lainnya adalah memastikan suatu perusahaan atau klien mampu meningkatkan engagement dari para customer. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan bersosial media yang mumpuni agar produk dapat terjual sesuai target.

"CRM itu harus aktif di sosial media, sehingga mereka bisa menganalisa audience, atau bahkan mengenal brand-brand baru yang sebelumnya terjangkau. Contoh gampangnya, ketika bermain medsos akan selalu asa ads-ads atau iklan yang bermunculan," jelasnya.

"Kalau sebagai orang awam biasanya kan tidak akan dipencet jika tidak menarik atau tidak sesuai kebutuhan mereka. Kalau sebagai CRM perlu kita follow up lagi. Dari ads itu kita bisa tahu karena akan di-direct ke landing page, dan bakal ketemu titik dari brand yang memasang iklan," sambungnya.

Singkatnya, Rakhmat mengungkap bahwa seorang CRM harus bisa mengelola produk-produk klien hingga sampai terjual. Itulah sebabnya, profesi ini memiliki tantangan yang serupa dengan profesi sales dan marketing.



Bahkan, dapat dikatakan bahwa seseorang yang berprofesi sebagai CRM sebetulnya mereka mengerjakan dua pekerjaan sekaligus. Yakni, menciptakan strategi marketing dan mendelivernya kepada klien.

"Kendati demikian CRM sangat penting untuk bisnis. Bisnis itu kan dibangun untuk dijual, kalau nggak ada CRM suatu perusahaan bisa jatuh, bisa dibilang ujung tombaknya perusahaan itu ya CRM," pungkasnya
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)