Cerita Bella, Wisudawan UNY Peraih IPK Tertinggi dari Jurusan Statistika

Kamis, 07 Desember 2023 - 14:48 WIB
loading...
Cerita Bella, Wisudawan UNY Peraih IPK Tertinggi dari Jurusan Statistika
Bella adalah wisudawan UNY yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, 3,93. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Salsabila Agustina adalah mahasiswa UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi. Bella panggilan akrabnya meraih IPK 3,93.

Bella diterima di UNY melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jurusan Statistika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) 2019 lalu.

Bella pun mengaku kagum karena selama berkuliah di jurusan Statistika UNY dia menemui rekan-rekan seperkuliahan dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki minat yang sama.

Baca juga: Meninggal karena Kecelakaan, Wisuda Mahasiswi S2 UNY Peraih IPK 3,93 Diwakili Sang Paman

“Hari pertama kuliah, saya kagum dengan teman-teman kelas yang memiliki minat pada bidang yang sama. Tentunya saya juga menemui dosen-dosen dengan pengetahuan yang begitu luas untuk dibagikan kepada kami yang masih awam ini," ujarnya, dikutip dari laman UNY, Kamis (7/12/2023).

Trik Bella Kuliah saat Pandemi Covid-19


Bella mengaku, ketika kuliah berubah menjadi online pada pandemi Covid-10 dia awalnya senang karena bisa kuliah di rumah masing-masing. Namun ternyata kuliah semakin menantang karena perkuliahan daring berlangsung cukup lama dan dia harus beradaptasi dengan sistem yang baru.

“Materi mata kuliah yang diajarkan semakin kompleks sehingga menjadi tantangan bagi saya untuk mengikuti perkuliahan daring tersebut," tutur Bella menceritakan pengalamannya saat kuliah di pandemi.

Mahasiswa kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu pun mempunyai trik menjalani kuliah saat pandemi Covid-19. Bella mengatakan dia memperhatikan, mencatat, dan mempraktikkan analisis yang dosen berikan selama perkuliahan.

Baca juga: Mahasiswa FMIPA UNY Gunakan Biji Kurma untuk Identifikasi Forensik Sidik Jari

Selain itu ia melakukan diskusi dengan teman terkait tugas yang diberikan untuk menambah pemahaman terkait materi tersebut.

Mahasiswi yang Aktif di Berbagai Kegiatan


Putri bungsu pasangan Tony Efendi seorang wiraswasta dan Nahru Rosidah Budiarti seorang guru PNS tersebut mengungkapkan selama masa pandemi juga sempat ikut kepanitiaan PKKMB tahun 2020 sebagai seksi publikasi dan dokumentasi.
Pada 2021 Bella juga menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di salah satu BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Sleman, Yogyakarta. Dia berdiskusi dengan pembimbing lapangan PKL terkait data gempa bumi dan melakukan analisis data terkait data tersebut.

Aktivitas gadis kelahiran 10 Agustus 2000 tersebut tidak berhenti sampai di situ. Ia mengikuti short course Statictical Quality Control dalam program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) yang diselanggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada Agustus hingga awal Oktober 2021.

Selain itu Bella juga mengikuti kepanitiaan berupa kegiatan bakti sosial ke sebuah dusun di Gunungkidul sebagai seksi publikasi dan dokumentasi. Di sini ia mempelajari cara mendesain, mendokumentasikan, dan mempublikasikan kegiatan.

Kemudian, pada pertengahan Oktober 2021 aktif mengikuti kepanitiaan yang diselanggarakan oleh Haska JMF FMIPA UNY sebagai staff PDD dengan kegiatan di bidang keagamaan. Pada November 2021, Bella menjadi peserta National Statistics Competition (NSC) yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)