5 Perbedaan Penyakit Pneumonia Biasa vs Mycoplasma Pneumonia

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:06 WIB
loading...
5 Perbedaan Penyakit Pneumonia Biasa vs Mycoplasma Pneumonia
Penyakit mycoplasma pneumonia tengah menjadi perhatian masyarakat. Lantas, apa bedanya penyakit pneumonia biasa dengan mycoplasma pneumonia? Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Penyakit mycoplasma pneumonia tengah menjadi perhatian masyarakat. Hal ini setelah terkonfirmasi enam anak yang terinfeksi mycoplasma pneumonia di Indonesia.

Masyarakat tentu perlu mengetahui penyebab serta gejala umum mycoplasma pneumonia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa bakteri penyebab mycoplasma pneumonia dapat menyebar melalui udara, yaitu lewat droplet yang mengandung bakteri.

Lantas, apa bedanya penyakit pneumonia biasa dengan mycoplasma pneumonia?

Untuk mendalami jenis penyakit ini, simak perbedaan penyakit pneumonia biasa dengan mycoplasma pneumonia.

Perbedaan Penyakit Pneumonia biasa vs Mycoplasma Pneumonia


1. Penyebab


Pneumonia bisa disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Tingkat keparahan pneumonia dapat berkisar dari ringan hingga mengancam jiwa.



Adapun penyebab utama pneumonia adalah bakteri Streptococcus pneumoniae, yang juga dikenal sebagai Pneumokokus. Penyebab lainnya yang umumnya terjadi adalah Haemophilus influenzae tipe b (Hib).

Sedangkan infeksi mycoplasma adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh mycoplasma pneumonia, organisme mikroskopis yang berhubungan dengan bakteri.

2. Gejala Khusus


Pneumonia biasa cenderung memiliki gejala seperti demam tinggi, menggigil, batuk berdahak, dan nyeri dada yang parah. Gejala tersebut memiliki durasi yang lebih lama bila dibandingkan flu biasa.

Jika dibiarkan dan tidak diberikan penanganan maka gejala berat dapat muncul, seperti mual dan muntah, sesak nafas hingga hilang kesadaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)