Viral Fabio Quartararo Sebut Nasi Goreng Kuliner Asli Indonesia Bukan Malaysia, Begini Sejarahnya

Kamis, 07 Desember 2023 - 17:28 WIB
loading...
A A A
Mendengar pertanyaan sang reporter, pembalap yang dijuluki El Diablo tersebut langsung menyanggahnya dengan menyatakan kalau nasi goreng adalah makanan khas dari Indonesia.

“Tapi itu (nasi goreng) dari Indonesia kan,” tutur Fabio.

Lantas, bagaimana sejarah dan asal-usul nasi goreng sendiri? Apa benar makanan favorit sejuta umat ini memang benar-benar asli dari Indonesia? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (7/12/2023).

Nasi goreng ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu lho, tepatnya yakni sekitar 4.000 tahun Sebelum Masehi. Namun jika Anda menyangka nasi goreng benar-benar berasal dari Indonesia, maka Anda keliru.

Meski bukan juga dari negara Malaysia, nasi goreng ternyata merupakan salah satu budaya yang dibawa oleh masyarakat Tionghoa saat bermigrasi ke Indonesia.

Resep nasi goreng pertama disebut-sebut berasal dari Kota Yangzhou yang berada di Provinsi Jiansu. Dari Kota inilah kemudian populer sebutan nasi goreng Yang Chou yang tidak lain adalah nasi goreng ala oriental.

Nasi goreng merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa yang memanfaatkan nasi yang sudah dingin. Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka mengkonsumsi makanan dingin.

Oleh sebab itu, mereka mencoba memasak kembali nasi yang sudah dingin dengan memasukkan beberapa bumbu, agar terasa lebih nikmat.

Makanan ini akhirnya dibawa masyarakat Tionghoa yang bermigrasi ke seluruh penjuru dunia. Sehingga tidak heran, banyak varian nasi goreng dari berbagai daerah dan negara, karena disesuaikan dengan bumbu dan bahan masyarakat lokal.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis nasi goreng, diantaranya nasi goreng cakalang, nasi goreng telor, nasi goreng kambing, nasi goreng teri, nasi goreng petai dan banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)