Ini 5 Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 14:50 WIB
loading...
Ini 5 Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol untuk Wajah dan Efek Sampingnya
Skincare yang mengandung retinol memiliki sejumlah manfaat untuk wajah. Namun seperti bahan aktif lainnya, kandungan ini juga bisa menimbulkan efek samping. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Skincare yang mengandung retinol memiliki sejumlah manfaat untuk wajah. Namun sama seperti bahan aktif lainnya, kandungan ini juga bisa menimbulkan efek samping, walaupun kemungkinannya kecil.

Retinol merupakan bahan aktif yang banyak terkandung dalam produk skincare. Kandungan ini memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan, mulai dari memutihkan kulit hingga mengurangi keriput.

Ada berbagai alasan mengapa retinol banyak digemari oleh para penggiat kecantikan. Berikut di antaranya.

Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol untuk Kulit





1. Membantu Mengobati Jerawat


Sebuah ulasan sistematis pada 2019 di American Journal of Clinical Dermatology menunjukkan bahwa retinoid topikal efektif dan aman mengobati jerawat. Studi ini juga menunjukkan bahwa dosis retinoid topikal yang digunakan seseorang lebih penting daripada jenisnya..

Selain itu, para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi retinoid dan agen antimikroba dapat meningkatkan kemanjuran pengobatan jerawat. Orang dengan jerawat parah mungkin memerlukan retinoid yang lebih kuat daripada retinol (retinoid yang lebih lemah), seperti isotretinoin.

2. Memperbaiki Tekstur Kulit


Manfaat retinol juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan melembapkannya. Pada umumnya pergantian kulit mempunyai siklus dalam waktu 3-4 pekan lamanya. Pemakaian retinol secara rutin dan jangka panjang dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Di samping itu, retinol juga dapat meningkatkan hidrasi kulit, sehingga wajah tidak tampak kering dan kasar.

3. Mengatasi Milia


Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang biasanya tumbuh di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata. Benjolan-benjolan ini sering kali sulit dihilangkan sehingga diperlukan obat untuk membasminya.

Anda bisa menghilangkan milia dengan menggunakan serum retinoid, khususnya dari jenis tretinoin. Senyawa ini membantu mengikis milia dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru sehingga tekstur kulit menjadi lebih rata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2399 seconds (0.1#10.140)