Pohon Unik Nan Menakjubkan di Dunia

Senin, 08 Januari 2018 - 12:59 WIB
Pohon Unik Nan Menakjubkan di Dunia
Pohon Unik Nan Menakjubkan di Dunia
A A A
POHON menjadi salah satu komponen alam yang sangat penting bagi kelangsungan hidup setiap makhluk di bumi. Banyak pohon di dunia yang tumbuh sejak ratusan tahun.

Beberapa dari pohon tua tersebut bahkan terlihat sangat indah dan menyejukkan hati. Berikut 10 pohon indah di dunia yang bakal bikin hati kita sejuk melihatnya.

Pohon Jacaranda, di Afrika Selatan
Jacaranda adalah pohon berbunga. Tingginya bisa mencapai antara 5 sampai 15 meter. Jacaranda akan berbunga saat musim semi dan awal musim panas. Bunganya bisa bertahan selama dua bulan. Jika sedang berbunga, seluruh kota menjadi berwrna biru.

Pohon Quiver, di Namibia
Selama 20 tahun di awal pertumbuhannya, pohon ini tumbuh setinggi tumbuhan lidah buaya saja. Setelah 20 tahun, barulah pohon tersebut tumbuh tinggi, dan mempunyai batang serta cabang. Setiap cabang terpecah menjadi 2 cabang baru. Setelah tumbuh setinggi 10 meter, pohon ini akan berhenti tumbuh. Proses ini memakan waktu 300 tahun.

Pohon Royal Poinciana, di Brasil
Pohon flamboyan endemik ke Madagaskar, namun tumbuh di daerah tropis di seluruh dunia termasuk di Brasil.

Pohon Darah Naga, di Yaman
Pohon dragonblood (Darah Naga) mendapatkan nama yang menakutkan karena getah merahnya, yang digunakan sebagai pewarna dan digunakan sebagai pecandu alkimia, dan obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Pohon Maple, Oregon, di Amerika Serikat
Secara sederhana, terowongan pohon Maple di Oregon ini digambarkan sebagai jalan atau jalan yang memiliki deretan pohon tumbuh di kedua sisinya. Pepohonan membentuk kanopi overhead yang memberi kesan terowongan alami. Salah satu jalan setapaknya adalah Terowongan Pohon Maple di Oregon.

Pohon Wisteria Berusia 145 Tahun, di Jepang
Tumbuh di lahan seluas 1.990 meter persegi, wisteria besar ini adalah pohon terbesar dari jenisnya di Jepang

Pohon dengan Batang Berwarna, di Hawaii
Pohon berjuluk The rainbow eucalyptus (elang kayu putih pelangi) yang tumbuh di Pasifik Selatan tepatnya di wilayah Hawaii ini sangat indah. Kedua sisi batang pohon ini berbentuk warna-warni sekitar kulit kayunya.

Pohon Rhodoen Dron Berusia 125 Tahun, di Kanada
Rhododendron berusia 125 tahun yang besar ini secara teknis bukanlah pohon - sebagian besar dianggap sebagai semak belukar.

Pohon Baobab, di Madagaskar
Pohon Baobabs di Madagaskar ini sangat bagus menyimpan air di kran tebalnya untuk digunakan selama musim kering.

Pohon Terbesar di Dunia

General Sherman
Pohon ini adalah jenis pohon Sequoia raksasa yang ditemukan di California Giant Forest of Sequoia National Park. General Sherman memiliki volume sekitar 1.487 meter kubik dengan perkiraan usia 2.300 hingga 2.700 tahun.

Lost Monarch
Pohon dengan volume 1.203 meter kubik ini adalah jenis Coast Redwood yang ada di California Utara. Diameter dari pohon ini adalah sekitar 26 kaki atau 7,9 meter dan juga memiliki tinggi 98 meter.

Arbol del Tule
El Arbol del Tule adalah bahasa Spanyol untuk The Tree of Tule, pohon cemara yang letaknya di pusat Kota Santa Maria del Tule, negara bagian Meksiko, Oaxaca. Diperkirakan usia pohon ini mencapai 1.400 tahun dan dengan diameter 11,62 meter. Pohon Arbol del Tule ini adalah salah satu pohon dengan volume terbesar di dunia yaitu 750 meter kubik.

Tane Mahuta
Dengan volume 516 meter kubik, Tane Mahuta menjadi salah satu pohon terbesar di dunia. Pohon ini adalah jenis kauri raksasa atau Agathis Australis yang ada di Waipoua Forest, Selandia Baru.

Quinault Lake Red Cedar
Spesies ini merupakan pohon Red Cedar kawasan Barat yang paling besar di dunia. Volume kayunya bisa mencapai 500 meter kubik. Pohon ini tumbuh di barat laut pesisir Danau Quinalt bagian utara Aberdeen, Washington, AS atau sekitar 34 kilometer dari Samudera Pasifik. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 180 kaki atau 55 meter dengan diameter batang 6 meter.

Eucalyptus Regnans
Pohon yang juga dikenal dengan nama Giant Ash, Mountain Ash, dan Victorian Ash ini adalah spesies Eucalyptus yang asli dari Australia Tenggara dan banyak ditemukan di daerah Tasmania dan Victoria. Pohon ini tercatat memiliki ketinggian lebih dari 114 meter dengan volume 391 meter kubik.

Pohon Unik di Indonesia

Batu Berdaun
Pohon ini sangat unik karena tampak seperti ‘batu berdaun’. Sebenarnya ini adalah batu besar yang di tengahnya ditumbuhi pohon. Anehnya akar utama tepat berada di tengah-tengah batu yang luar biasa kerasnya ini. Pohon ini berada di tepi pantai kawasan obyek wisata di Singkep, Provinsi Kepulauan Riau.

Pohon di Tabiang Takuruang
Pohon yang tumbuh di puncak tertinggi tebing ini membuat pemandangan luar biasa indah. Tebing ini dikenal dengan nama Tabiang Takuruang yang berada di Ngarai Sianok, Sumatera Barat.

Pohon Gerbang Gunung Slamet
Akar-akar dua pohon besar saling terhubung terlihat seperti pintu raksasa. Orang-orang ada yang menyebutnya “pintu gerbang”. Beberapa pendaki menjadikan pohon ini salah satu favorit untuk dikunjungi ketika mendaki Gunung Slamet. Pohon ini bisa ditemui di hutan Gunung Slamet, Jawa Tengah.

Jembatan Akar Bayang
Keunikan dari pohon ini karena akarnya dirajut menjadi Jembatan Akar Bayang. Jembatan akar ini dirajut dari akar pohon yang tumbuh di kedua sisi sungai. Jembatan di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat ini merupakan jembatan alami yang hidup dan terus tumbuh.

Pohon Berlubang (Bunut Bolong)
Pohon Bunut ini sangat unik karena tengahnya berlubang dan ada jalan yang bisa dilalui kendaraan. Pohon ini dikenal dengan nama Bunut Bolong yang terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pohon Lanang Wadon (laki-laki perempuan)
Pohon ini jika dilihat menyerupai dua kelamin yaitu kelamin lelaki dan perempuan. Bagian bawah pohon itu berlubang sehingga menyerupai alat kelamin perempuan, sedangkan di tengah lubang tersebut tumbuh batang yang mengarah ke bawah yang terlihat seperti alat kelamin pria. Pohon ini diberi nama pohon lanang wadon yang berarti laki-perempuan. Pohon ini terdapat di hutan Sangeh,, Kabupaten Badung, Bali. (Koran Sindo/Hardiansyah)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7716 seconds (0.1#10.140)