alexametrics

Tips Memilih Makanan sebagai Oleh-oleh

loading...
Tips Memilih Makanan sebagai Oleh-oleh
Tips Memilih Makanan sebagai Oleh-oleh. (Istimewa).
A+ A-
JAKARTA - Inovasi di bidang kuliner saat ini tidak hanya terlihat dari semakin maraknya bisnis kue yang digeluti beberapa artis, juga semakin beragamnya kuliner khas daerah yang dijadikan sebagai oleh-oleh. Setiap daerah berlomba-lomba membuat kuliner khas ikon kotanya menjadi terkenal. Jodi Fajar, owner kafe Foodint di bilangan Kelapa Dua Depok, yang sering melakukan travelling ini mengatakan oleh-oleh adalah sesuatu yang tidak boleh terlewatkan ketika pergi ke suatu daerah, baik berupa suvenir maupun kuliner khas daerah tersebut.

Memilih untuk membeli makanan atau barang suvenir sebagai oleh-oleh pun tergantung dari daerah yang didatangi. Jika daerah yang didatangi adalah di luar negeri, Jodi yang juga seorang pilot muda ini lebih memilih membeli suvenir daripada makanan sebagai oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Menurutnya, makanan akan cenderung lebih sulit dibawa. Namun, jika daerah yang didatangi adalah di dalam negeri, dia lebih memilih membeli makanan yang menawarkan rasa khas daerah tersebut.

Sebelum memilih makanan sebagai oleh-oleh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar oleh-oleh yang akan diberikan kepada kerabat dekat nantinya tetap berkualitas baik dan berkesan bagi si penerima oleh-oleh. Yuk, simak tips memilih makanan sebagai oleh-oleh dari Jodi berikut ini!

1. Cek Tanggal Kedaluwarsa
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengecek tanggal kedaluwarsa dari makanan tersebut. Tentu kamu tidak mau kan ketika pulang sampai rumah dan ingin memberikannya kepada kerabat dekat, ternyata makanannya sudah tidak layak dimakan karena melebihi tanggal kedaluwarsanya. Hal ini dapat disiasati dengan membeli oleh-oleh pada hari terakhir perjalanan. Agar tidak memakan waktu, pastikan dulu tempat yang ingin dibeli sudah sesuai. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah mengestimasi waktu perjalanan pulang hingga waktu untuk memberikan makanan tersebut kepada si penerima oleh-oleh. Pastikan semua waktu tersebut tidak melebihi tanggal kedaluwarsanya.

2. Lihat Kemasan
Penting untuk memastikan kemasan dan cara packaging dari makanan tersebut, apakah mudah terbuka dan rapuh atau tidak. Perlu juga mempertimbangkan bagaimana membawanya selama perjalanan pulang, apakah akan dimasukkan ke dalam tas atau koper, dijinjing, masuk ke dalam kabin atau bagasi pesawat, dan lain sebagainya. Jangan sampai hal ini luput dari perhatian dan membuat makanan yang sudah dibawa jauh-jauh ternyata rusak dalam perjalanan pulang.
 
3. Pilih Rasa sesuai Selera

Semakin beragamnya inovasi kuliner khas daerah sebagai oleh-oleh membuat kamu harus jeli dalam menilai kualitasnya. Ada beberapa makanan yang mungkin tidak menampilkan ciri khas daerah tersebut atau bahkan rasanya tidak sesuai dengan selera kamu. Hal ini dapat disiasati dengan membeli di tempat kuliner khas yang sudah best seller atau membeli rasa yang memang menjadi primadona untuk dibeli.

4. Perhitungkan Barang Bawaan
Nah yang terakhir dan jangan dilupakan adalah memperhitungkan banyaknya makanan yang dibeli untuk oleh-oleh dengan barang bawaan kamu yang lainnya. Jangan sampai barang tersebut melebihi dari yang seharusnya dan membuat kamu kerepotan selama perjalanan pulang. Atau bahkan membuat kamu harus mengeluarkan kocek tambahan, seperti harus dikirim melalui jasa ekspedisi karena melebihi jumlah muatan yang seharusnya. Ulfa Izzatunnisa (GEN SINDO Universitas Indonesia)
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak