5 Teh untuk Bakar Lemak Perut, Terbukti Ampuh

Senin, 11 Desember 2023 - 06:38 WIB
loading...
5 Teh untuk Bakar Lemak Perut, Terbukti Ampuh
Beberapa jenis teh dinilai ampuh untuk membakar lemak perut. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Selain mengganggu penampilan, lemak perut juga bisa mengundang penyakit. Mulai dari menyebabkan diabetes tipe dua, darah tinggi, stroke, hingga jantung koroner. Untuk itu, wajib sekali untuk membakar lemak di perut agar cepat hilang.

Sayang, menghilangkan lemak di sekitar perut sangat sulit karena sebagian besar lemak perut berbeda dengan lemak di bagian tubuh lain. Mayoritas lemak perut disebut lemak visceral, yang terletak lebih dalam dari lemak tubuh lain. Hal ini membuatnya lebih berbahaya dibandingkan lemak tubuh lain.

Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena ada beberapa jenis teh yang dinilai ampuh untuk membakar lemak perut. Teh secara alami mengandung banyak antioksidan dan senyawa tumbuhan berbeda yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, beberapa di antaranya secara khusus terbukti membantu menghilangkan lemak di sekitar perut Anda.



Untuk lebih jelasnya, berikut ini rangkuman informasi dari Eat This Not That, yang dikutip Senin (11/12/2023), terkait 5 teh yang ampuh membakar lemak perut.

1. Teh Hijau

Ini mungkin salah satu teh paling terkenal untuk membakar lemak perut. Menurut studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, peserta penelitian yang mengonsumsi teh hijau dalam jumlah besar (empat cangkir atau lebih sehari) memiliki risiko 44% lebih rendah terkena obesitas perut dibandingkan peserta yang tidak minum teh hijau.

Sementara pada sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior menemukan, peserta obesitas yang secara teratur minum teh hijau kehilangan lebih banyak berat badan secara keseluruhan dibandingkan peserta yang tidak minum teh hijau sama sekali.

Sedangkan dalam studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi katekin teh hijau dapat membantu mengurangi lemak perut jika dipadukan dengan olahraga.

2. Teh Oolong

Teh lain yang terbukti membantu mengatasi lemak perut adalah teh oolong. Jenis teh ini berasal dari daun yang sama dengan teh hijau dan hitam, tetapi teh tersebut hanya teroksidasi sebagian, sedangkan teh hijau tidak teroksidasi, dan teh hitam mengalami oksidasi penuh.

Penelitian menunjukkan bahwa teh oolong mengandung polifenol yang dikaitkan dengan metabolisme lebih cepat dan mengurangi lemak perut. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa polifenol dalam teh hijau, hitam, dan oolong semuanya memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan jaringan lemak visceral.


3. Teh Hitam

Laporan tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules mengatakan, polifenol yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat antiobesitas serta dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak visceral. Sedangkan penelitian pada hewan yang disebutkan sebelumnya dari The Journal of Nutrition mencakup teh hitam bersama oolong dan hijau karena pengaruhnya terhadap lemak perut.

4. Teh Putih

Kelompok teh keempat adalah teh putih, yang dikenal sebagai jenis teh yang paling lembut dan paling sedikit diproses. Teh putih telah terbukti mempercepat metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak yang dapat membantu penurunan atau pengelolaan berat badan secara keseluruhan.

5. Teh Pu-erh

Mungkin Anda masih asing dengan teh pu-erh, salah satu jenis teh hitam dari Tiongkok yang difermentasi. Teh pu-erh telah dikaitkan dengan penurunan berat badan atau pengurangan lemak. Hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian.

Dalam sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di Phytotherapy Research menemukan bahwa peserta pria dengan sindrom metabolik yang meminum teh pu-erh mengalami sedikit penurunan lemak tubuh dan BMI.

Studi lain dari Nutrition Research menemukan, ekstrak teh pu-erh membantu menurunkan berat badan, BMI, dan lemak visceral pada orang dewasa Jepang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)