Alun-alun Kota Terkenal di Dunia

Selasa, 16 Januari 2018 - 10:39 WIB
Alun-alun Kota Terkenal di Dunia
Alun-alun Kota Terkenal di Dunia
A A A
HAMPIR semua kota besar negara di dunia memiliki lahan terbuka luas yang sering disebut Town Square atau alun-alun kota.

Biasanya alun-alun kota dikelilingi dengan pusat perbelanjaan, restoran, bahkan gedung balai kota serta di tengahnya sering dilengkapi air mancur, monumen, atau patung. Terlepas dari perbedaan bentuknya, sebuah town square selalu menyimpan sejarah unik di baliknya.

Berikut deretan alun-alun paling terkenal di dunia.

1. Red Square Rusia
Red Square dikenal sebagai lapangan merah di jantung Kota Moscow, Rusia. Alun-alun ini dikelilingi oleh beberapa gedung indah antara lain Saint Basil’s Cathedral, the State History Museum, Lenin’s Mausoleum dan jembatan Kremlin. Nama Red Square diambil dari gedung sekitar yang terbuat dari batu bata berwarna merah atau mungkin berhubungan erat dengan warna merah yang identik dengan komunis.

2. Djemaa El-Fna Maroko
Djemaa El-Fna me rupakan salah satu tujuan favorit wisatawan ketika berkunjung di Kota Marrakech, Maroko. Di alun-alun kota ini dikenal dengan atraksi ular dan monyetnya, serta deretan kios pedagang kaki lima. Di sore hari alun-alun ini menjadi lebih ramai dengan adanya penutur cerita, beberapa pesulap, dan peramal bahkan tukang obat tradisional. Saat hari beranjak gelap, alun-alun ini dipenuhi puluhan pedagang makanan.

3. Piazza del Campo Italia
Merupakan salah satu city squares paling besar di Eropa, Piazza del Campo adalah tempat berkumpul masyarakat dan tempat bersejarah di Kota Siena, negara Tuscany, Italia. Alun-alun ini terkenal karena gaya arsitekturnya khas dan sangat indah. Palazzo Pubblico, nama tower di Piazza del Campo sama terkenalnya dengan Palazzi Signorili, sebuah bangunan milik keluarga terkaya yang terkenal di Kota Siena. Dua kali setahun diadakan balap kuda di Palio di Siena, yang mengelilingi Piazza del Campo

4. Saint Peter’s Square Vatican
Saint Peter’s Square berlokasi tepat di depan St Peter’s Basilica di Vatikan. Di kawasan ini terdapat tiang-tiang Tuscan Colosal, empat tiang dalam berbingkai trapesium sebagai pintu masuk basilica dan alun-alun yang berbentuk elips. Di pusat elips berdiri sebuah menara Obelisk bergaya Mesir yang mana pernah dipindahkan dari sirkus ke area situs ini pada 1586 sesuai arahan paus Sixtus V. Selama abad pertengahan, bola emas di atas Obelisk dipercaya berisi abu jenazah Julius Caesar.

5. Times Square Amerika Serikat
Merupakan alun-alun paling terkenal di Kota New York dimana lokasinya berada di antara simpang jalur Broadway dan Seventh Avenue. Tempat ini terlihat di video layar raksasa, dipenuhi berbagai papan iklan LED, dan beberapa lampu sorot hias. Times Square dilengkapi banyak restoran, gedung bioskop, hotel dan kawasan bisnis. Di tempat ini juga terkenal dengan event New Year’s Eve ball drop yang merupakan tempat dirayakannya acara pergantian tahun.

6. Main Market Square Polandia
Main Market Square atau Rynek Glówny ini terletak di kota tua Kraków, Polandia. Alun-alun ini dikelilingi berbagai gedung bersejarah seperti town house, istana, dan gereja. Pusat alun-alun didominasi dengan hall bermotif kain yang dibangun kembali dengan gaya Renaisance, beratap loten. Tersedia fasilitas tower untuk menikmati pemandangan dari atas melalui menara Gothic dari Saint Mary’s Basilica.

7. Piazza San Marco Italia
Piazza San Marco merupakan sebuah alun-alun penting di Kota Venicia, tempat yang terkenal dengan kata Pizza. Piazza San Marco merupakan salah satu alun-alun kota terluas di Eropa. The Basilica of San Marco adalah salah satu tempat menarik di Venicia dimana letaknya berada di sebelah timur Town Square ini.

8. Trafalgar Square Inggris
Trafalgar Square didirikan untuk memperingati Lord Horatio Nelson yang melawan angkatan laut Napoleon pada saat perang Trafalgar pada 1805.Pada pusat alun-alun ini terdapat monumen berupa tiang tinggi yang menggambarkan seorang Nelson berdiri menatap London. Monumen ini dikelilingi oleh 4 colosal singa dan satu seri air mancur besar. Lebih dari sekadar plaza terbuka, Trafalgar Square adalah salah satu alun-alun kota paling terkenal di Inggris Raya dan primadona wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk dikunjungi.

9. Grand Place Belgia
Grand Place atau Grote Market merupakan alun-alun kota di Kota Brussels, Belgia. Grand Place dikelilingi guildhalls, city town halls, dan sebuah Breadhouse. Lokasi ini merupakan tujuan wisata paling penting di Brussels. Setiap 2 tahun sekali di bulan Agustus terdapat event besar yaitu “flower carpet” di Grand Place.

10. Tiananmen Square China
Terletak di Beijing, Lapangan Tiananmen disebut-sebut merupakan city square terbesar di dunia. Lapangan ini dikelilingi monumen bergaya Soviet dan gedung pemerintahan. Lapangan Tianamen merupakan tempat menakjubkan dengan pemandangan indah. Terdapat 4 patung singa terbuat dari marmer di depan pintu masuk lapangan ini dan pada bagaian barat laut terdapat bekas peluru sisa peristiwa penembakan demonstran tragedi Tianamen pada 1989.

Alun-alun Modern di Indonesia

Bukan hanya di mancanegara, banyak kota di Indonesia juga memiliki titik pusat yang biasanya disebut dengan alun-alun kota. Berikut sejumlah kota terkenal dengan alun-alun indahnya.

1. Alun-alun Pantai Seruni Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan
Pantai Seruni yang padu dengan alun-alun kota, saat ini dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi keluarga yang aman dan nyaman di Kabupaten Bantaeng Sulsel.

2. Alun-alun Kota Batu, Malang Jawa Timur
Alun-alun Kota Batu ini sengaja didesain sedemikian rupa sebagai sarana rekreasi, edukasi dan olahraga bagi masyarakat dan para wisatawan. Alun-alun Kota Batu merupakan sarana rekreasi terjangkau untuk masyarakat kecil.

3. Alun-alun Kota Batam
Alun-Alun Batam dinamakan dengan dataran Engku Putri. Di alun-alun ini terdapat banyak sekali fasilitas dari lapangan futsal, basket, sketpark hingga wall climbing. Engku Putri pun menjadi salah tujuan warga Batam menikmati liburan akhir pekan. Sudah tertata dengan baik, alun-alun di Batam juga modern.

4. Alun-alun Kota Bandung
Taman Alun-alun Bandung yang dulunya dipenuhi Pedagang Kaki Lima (PKL) kini disulap menjadi taman cantik yang menjadi salah satu daya tarik warga kota kembang maupun wisatwan luar yang berkunjung ke Bandung Sumber: travelingyuk.com

5. Taman Jam Gadang Kota Bukittinggi
Taman Jam Gadang Bukittinggi terletak di jantung Kota Bukittinggi, di sebuah sisi sudut taman kota cukup luas yang ramai dipadati pengunjung dan pedagang kaki lima ketika malam. Berbagai aktifitas berlangsung di alun-alun ini hingga tengah malam.

6. Alun-alun Kapuas Kota Pontianak
Taman Alun-alun Kapuas, yang terletak di depan Makorem 121 Alam Banawanawai Tanjungpura atau di depan kantor Wali Kota Pontianak, merupakan salah satu "open public space" cukup populer di Kota Pontianak. Jika Anda berkunjung ke Pontianak sayang jika melewatkan berkunjung ke tempat ini.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4024 seconds (0.1#10.140)