Jadi Host Shopee Live, Zulhas Temui Pelaku UMKM yang Sukses Ekspor

Selasa, 12 Desember 2023 - 11:40 WIB
loading...
Jadi Host Shopee Live, Zulhas Temui Pelaku UMKM yang Sukses Ekspor
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan berikan kejutan dengan menjadi host live shopping dadakan. (Foto: istimewa)
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan berhasil berikan kejutan dengan menjadi host live shopping dadakan di Shopee Live pada Senin (11/12/2023). Dalam sesi yang berlangsung untuk menyambut Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 12.12 tersebut, Menteri Perdagangan yang akrab disapa Zulhas ini sukses menawarkan produk rok, daster plisket, serta sepatu wanita produksi UMKM lokal yang sudah berhasil ekspor bersama Shopee yakni Gosisonline dan Mikhayla Shoes.

Zulhas terlihat lihai saat memandu sesi live shopping Harbolnas di Shopee Live.Ia pun kerap kali berinteraksi dengan para penonton Shopee Live, sambil menunjukkan beberapa produk lokal yang ada di etalase. Namun, Zulhas nampak kaget, saat menyebutkan harga dari produk lokal. “Wah ini daster berapa ini? Cuma 80 ribu masih diskon jadi 60 ribu? Wah ini kalau di Prancis harganya 100 Dollar ini, 1,6 juta,” ucapnya.

Begitu pula saat ia menawarkan sepatu produksi UMKM lokal asal Bogor, Mikhayla Shoes, dengan harga diskon kepada para penonton. “Wah ini sepatu bagus gini dari harga 55 ribu, cuma di live ini jadi 26 ribuan saja. Ayo buruan diborong, rugi ini kalau nggak dibeli,” katanya.

Tidak hanya memandu acara live shopping. Dalam kesempatan tersebut, Zulhas juga berbincang kepada dua UMKM lokal yang sudah sukses ekspor di Shopee tersebut. Ia menjelaskan bahwa sektor ini memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

“UMKM menopang masa depan ekonomi Indonesia, kenapa? Karena 64% bisnis di Indonesia berasal dari UMKM, Kuncinya UMKM maju, ekonomi maju,” ucap Zulhas.

Ia juga menambahkan bahwa UMKM lokal akan bisa lebih berkembang melalui e-commerce "Kamu semua bisa jualan bahkan sampai ke luar negeri, semuanya ada lengkap kan? Kaya mas Ardi ini sampai diajarin buka toko dan pakai fitur-fitur di Kampus Shopee, jadi omset bisa tambah banyak," katanya.

Menanggapi pertanyaan Zulhas, pemilik Gosisonline Achmad Ardi Kurniawan menceritakan kisahnya ketika memulai bisnis online. “Dulu saya jualan tapi pesanan datangnya nggak tentu. Tahun 2018 itu saya mulai jualan di Shopee, belajar jualannya di Kampus Shopee. Alhamdulillah setelah 3 bulan berjalan, satu hari bisa puluhan sampai ratusan pesanan Pak. Bahkan waktu Covid, pesanan saya tembus di 1000-2000 per hari,” tutur Ardi.

Sama halnya dengan Ardi, owner dari Mikhayla Shoes Esa Bella juga merasakan bisnisnya berkembang sangat pesat setelah beralih ke sistem online. “Saya merasakan sekali kemudahan sistem jualan online ini. Apalagi saat masuk Shopee, terasa terbantu sekali saya sama fitur-fiturnya, seperti seller center, selain itu promo-promo tanggal kembar, dan momen harbolnas itu juga nggak boleh saya lewatkan, karena paling tidak omset meningkat bisa 2-3 kali lipat,” ujar Esa.

Sejauh ini, Shopee memang tercatat telah banyak berinvestasi untuk UMKM lokal. Tidak hanya melalui fitur-fitur marketing unggulan yang membuat omset UMKM seperti Gosisonline dan Mikhayla Shoes melejit, namun juga membantu mereka untuk bisa berkembang secara global.

Contohnya adalah Program Ekspor Shopee yang memungkinkan UMKM lokal untuk menjual produknya hingga Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin. Selain itu, sejumlah inisiatif pengembangan UMKM melalui Bimbel Shopee, Kampus UMKM Shopee, dan Gerakan Ekspor Serentak, juga menjadi bentuk dukungan nyata dalam memajukan ekonomi kreatif di tanah air.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)