Rela Rogoh Kocek Dalam demi Celine Dion

Sabtu, 20 Januari 2018 - 11:45 WIB
Rela Rogoh Kocek Dalam demi Celine Dion
Rela Rogoh Kocek Dalam demi Celine Dion
A A A
JAKARTA - Pencinta musik Tanah Air antusias menyambut kehadiran Celine Dion. Mahalnya harga tiket tak menyurutkan semangat mereka untuk menonton konser yang rencana digelar 7 Juli mendatang.

Kemarin tiket diva dunia tersebut resmi dijual. Walau harus merogoh kocek sangat dalam hingga Rp25 juta, tiket konser Celine laris manis. Bahkan, kebanyakan tiket terjual sebelum waktu makan siang. Namun, dengan tata panggung menyerupai tempat pertunjukan Celine di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), serta tata suara spektakuler, harga tersebut dirasa sepadan. Tak heran bila mahalnya harga tiket tidak menghalangi kerinduan fans terhadap diva asal Kanada tersebut.

Mereka dengan ikhlas mengeluarkan uang hingga Rp25 juta untuk menyaksikan aksi pelantun The Power of Love di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Harga tiket Diamond Celine Dion merupakan yang termahal setelah konser David Foster pada 2010. Harga selangit tersebut semakin terasa lantaran tiket konser di negara lain, seperti di Jepang, lebih murah ketimbang di sini.

Pihak promotor, PK Entertainment, mengatakan biaya produksi untuk mendatangkan Celine yang tidak lah murah. Selain itu, harga tiket juga dipengaruhi oleh terbatasnya kapasitas tempat duduk di SICC. "Pertimbangan kami menghitung ratio kapasitas venue dan production cost. Semua sudah persetujuan dari pihak manajemen Celine," ujar CEO PK Entertaiment Peter Harjani.

Promotor Celine Dion menjelaskan, para pembeli tiket kategori Diamond bakal duduk paling depan sehingga fans bisa puas menyaksikan performa diva berusia 49 tahun itu. "Dalam konser ini memang tidak ada benefit meet and greet untuk tiket paling mahal. Dengan duduk paling depan, bisa berinteraksi dengan Celine," imbuhnya.

Tiket Celine Dion yang merupakan bagian dari konser Asia-Pasifik bertajuk Celine Dion Live 2018 TOUR dibuka untuk umum, kemarin mulai pukul 11.00 WIB. Pada situs resmi penjualan tiket, www.Celinedionjkt.com dan www.loket.com, nyaris seluruh tiket ludes terjual bahkan sebelum pukul 13.00 WIB. Hingga tadi malam, dari seluruh kategori tiket yang ada, kategori Emerald A1 seharga Rp12,5 juta, Sapphire A Rp10 juta, dan Bronze B2 yang dibanderol Rp2,75 juta yang berstatus fully booked alias sudah di pesan. Bila para pemesan telah membayar, seluruh tiket konser perdana Celine Dion di Indonesia habis terjual.

Sebelum dibuka secara luas untuk publik, pihak promotor PK Entertainment dan Sound Rhythm menyediakan penjualan khusus untuk fans yang tergabung dalam Team Celine pada Rabu (17/1/2018) lalu pukul 10.00 WIB hingga Kamis (18/1) tengah malam. Pencinta penyanyi yang telah menelurkan 11 album berbahasa Inggris dan 14 album berbahasa Prancis, di Indonesia memang sangat banyak. Bahkan ketika penyanyi kelahiran Quebec itu mengumumkan akan menyapa penggemarnya secara langsung di SICC, awal tahun ini, langsung menjadi world trending topic.

Tak banyak negara di Asia yang didatangi Celine. Selain Tokyo dan Makau, Celine juga bakal tampil di Singapura, Jakarta, Taipei, Manila, dan Bangkok dalam rangkaian Celine Dion Live 2018 TOUR. CEO PK Entertaiment Peter Harjani mengungkapkan nama besar Celine, lagu yang hits, long lasting, dan memorable di industri musik membuatnya selektif dalam memilih negara yang akan dikunjungi.

"Banyak negara di Asia tidak dapat jatah konser. Mungkin buat Celine, Indonesia punya daya tarik, dan fan base di Indonesia sangat besar, dan yakin tiket sold out," ujar Peter Harjani kepada KORAN SINDO di Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Pihak promotor membocorkan, kerja keras mereka sehingga sang diva bisa hadir di Indonesia. Bekerja sama dengan AEG Presents dan Sound Rhythm, PK Entertainment butuh waktu lama untuk meyakinkan Celine Dion agar mau menggelar pertunjukan di sini. "Sekitar satu setengah tahun lalu kita dapat info dari pihak manajemen regional kalau dia (Celine) akan mengadakan tur, tetapi masih naik turun beritanya. Kita sudah ngejar dan ngobrol dengan manajemen Celine selama satu tahun sampai akhirnya confirmed," ungkapnya.

Bukan rahasia lagi bila mendatangkan penyanyi papan atas pasti bakal direpotkan dengan permintaan atau riders yang diajukan pihak manajemen. Sebagai diva kelas dunia, penyanyi pemilik nama lengkap Celine Marie Claudette Dion ini tentunya memiliki standar tinggi saat menggelar konser.

Peter menyebutkan daftar permintaan atau riders Celine sampai 40 halaman. Pihaknya memaklumi karena rombongan Celine sangat banyak termasuk tim orkestra dan keluarganya. Namun, semuanya terbilang masih bisa dipenuhi oleh promotor. "Riders-nya masih standar, sesuai dengan kaliber diva dari hotel, makanan, akomodasi, transportasi. Kebutuhannya tidak membuat promotor sampai jungkir balik untuk mengakomodasinya," papar Peter.

Salah satu isi dari permintaan riders setebal 40 halaman tersebut, yaitu tata panggung megah yang dibuat menyerupai tempat Celine yang biasa menggelar konser di Las Vegas. Promotor pun harus berusaha menyulap area SICC yang berkapasitas 10.000 penonton menjadi jauh lebih megah dengan tata lampu dan suara yang spektakuler.

Dia membocorkan, mayoritas barang yang dibawa Celine dan 80 tim orkestranya lebih terkait hal teknis dan perlengkapan panggung. Manajemen pelantun My Heart Will Go On itu juga akan membawa sendiri hal yang tidak ada di Indonesia. Celine akan berada di Jakarta dan Bogor selama tiga hari. Total rombongan sebanyak 80 orang, termasuk ketiga putranya, yaitu Rene-Charles,16; serta si kembar Eddy dan Nelson yang berusia tujuh tahun.

Peter menegaskan sudah mengantongi izin menggelar konser. "Untuk tanggal tersebut kita juga double check, enggak ada masalah sehingga semua merasa aman dan nyaman saat konser nanti berlangsung," tuturnya.

Selama konser, Marketing Director PK Entertainment Harry Sudarma menjelaskan Celine Dion bakal tampil dengan durasi satu setengah jam. Dia juga menjamin, sang diva akan membawakan lagu-lagu hits sepanjang kariernya. Dia menambahkan, Celine selalu memberikan kejutan berbeda di setiap konsernya. Biasanya dengan membawa unsur lokal negara yang disambangi. Ketika tampil di Taipei, Celine pernah membawakan lagu berbahasa China. Begitu juga dengan peluang kolaborasi dengan musisi lokal. Promotor belum bisa memastikan karena masih dibicarakan oleh pihak Celine Dion. "Semoga saja bisa terwujud," imbuhnya.

Pemerhati musik Andre Opa Sumual mengungkapkan hadirnya Celine Dion dalam rangka konser keliling dunia sudah amat dinantikan sejak lama. Ini terlihat dari antusiasme netizen ketika mendapatkan pengumuman dari promotor musik berhasil mendatangkan Celine Dion. "Publik Indonesia pasti antusias menyambut sang idola. Tapi memang jangan membandingkan dengan antusias anak baru gede (ABG) penonton Kpop," ujarnya.

"Semahal apapun tiketnya tentu tidak masalah, karena akan mendapatkan tontonan konser berkualitas. Harga mahal pun itu layak karena Celine Dion seorang diva pasti puas menonton konsernya," tegasnya.

Komentar senada dilontarkan Adib Hidayat. Dia yakin tiket termahal konser Celine Dion terjual habis mengingat sebagian penggemar beratnya di Indonesia adalah kalangan yang cukup mapan secara ekonomi. "Dia adalah salah satu penyanyi terlaris dunia. Dengan perjalanan panjang di dunia musik dan lagu-lagunya yang selalu menjadi hits, menurut saya harga tiketnya masih dalam lingkup logis untuk ukuran Indonesia. Segmentasi lagunya juga kalangan menengah ke atas," jelas Adib.

Sejak malang melintang di industri musik selama 30 tahun, Celine Dion telah sukses menjual lebih dari 250 juta keping album. Istri mendiang Rene Angelil ini meraih lima Grammy Awards, dua Academy Awards dan tujuh America Music Awards. Dan pada 2016, Billboard Music Awards menganugerahkan penghargaan The Lifetime Achievement Icon Awards. Sedangkan pada 2004, Celine merebut Diamond Award pada World Music Awards untuk kategori sebagai penjualan album terlaris penyanyi wanita terbaik sepanjang masa.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5593 seconds (0.1#10.140)