alexametrics

Jangan Remehkan Nyeri Usai Berolahraga

loading...
Jangan Remehkan Nyeri Usai Berolahraga
Banyak orang menganggap remehkan saat nyeri pascaberolahraga. Pasalnya hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Lari dipilih sebagai aktivitas olahraga murah yang menyenangkan. Sayang, lari kerap menimbulkan rasa nyeri, apalagi jika Anda belum terbiasa melakukan olahraga ini. Nyeri yang ditimbulkan saat olahraga pun tak bisa dianggap remeh.

Ahli fisioterapi Jason Bonacci dari Deakin University mengatakan sekitar 80% pelari akan mengalami cedera. Kondisi ini biasanya disebabkan berlari terlalu jauh, terlalu cepat, atau berlari dengan postur tubuh yang buruk.

Sementara rasa nyeri yang muncul setelah olahraga dijelaskan Jason disebabkan otot mengalami sobekan mikroskopik.

Selanjutnya tubuh akan bereaksi mengeluarkan molekul peradangan sehingga otot menjadi lebih cepat sembuh dan semakin kuat.

"Berita baiknya adalah rasa nyeri karena proses itu akan hilang dalam waktu beberapa hari dan setelah terbiasa lari rasa nyerinya akan berkurang," kata Jason seperti dilansir ABC Australia.
Jangan Remehkan Nyeri Usai Berolahraga
"Jadi secara sederhana kalau nyeri muncul beberapa hari setelah olahraga itu normal, tapi kalau nyeri tetap terasa setelah lebih dari seminggu, terutama di satu tempat, maka itu saatnya kamu berpikir bahwa ini bukan proses penyembuhan yang normal," tambahnya.

Jika nyeri terasa lebih dari seminggu, Jason menyarankan segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan secepatnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan membiarkan rasa nyeri terlalu lama karena akan memperparah keadaan.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak