3 Mitos Telaga Sarangan, Salah Satunya Menghancurkan Hubungan Sepasang Kekasih

Rabu, 13 Desember 2023 - 10:22 WIB
loading...
3 Mitos Telaga Sarangan, Salah Satunya Menghancurkan Hubungan Sepasang Kekasih
Telaga Sarangan menyimpan sejumlah mitos yang banyak dipercaya oleh penduduk sekitar. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Telaga Sarangan merupakan sebuah danau yang terletak di lereng Gunung Lawu di Kabupaten Magetan , Jawa Timur. Tempat ini kerap menjadi tujuan wisata populer karena keindahan yang dimiliki.

Dibalik keindahannya, Telaga Sarangan menyimpan sejumlah mitos yang banyak dipercaya oleh penduduk sekitar.

Mitos tentang tempat-tempat di Indonesia memang kerap bermunculan. Meski begitu, mitos yang beredar tetap menarik pengunjung sebagai kearifan lokal yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

3 Mitos Telaga Sarangan


1. Menyimpan Sepasang Naga


Dalam legenda terbentuknya, Telaga Sarangan dikisahkan jika ada sepasang manusia bernama Kyai dan Nyai Pasir yang menjelma menjadi ular karena terjebak di telaga tersebut.



Mereka berdua yang telah menjelma menjadi ular tinggal di danau tersebut. Keberadaan dua ular besar di Telaga Sarangan sampai saat ini masih dipercayai oleh sebagian besar masyarakat.

Untuk memperkuat mitos ini, dibentuklah gerbang Telaga Sarangan yang terdapat dua ular naga di sisi kanan dan kirinya.

2. Memiliki Pohon yang Tidak Bisa Ditebang


Masyarakat setempat percaya bahwa Pohon Liwung yang berada di sekitar Telaga Sarangan ini tidak bisa ditebang oleh manusia biasa.



Hal tersebut disebabkan oleh munculnya mitos yang menyebutkan jika ada seseorang yang menebang pohon tersebut, maka dirinya akan menghilang dari muka bumi.

3. Penghancur Hubungan Sepasang Kekasih


Mitos Telaga Sarangan yang paling populer adalah ketika ada sepasang kekasih yang berlibur di tempat tersebut maka cepat atau lambat hubungan mereka akan kandas.

Meski ada mitos tersebut, tetap ada pasangan kekasih yang datang ke Telaga Sarangan. Mereka seakan ingin menunjukkan bahwa mitos tersebut tidak akan pernah terjadi.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8028 seconds (0.1#10.140)