Aneka Olahan Susu

Senin, 22 Januari 2018 - 11:20 WIB
Aneka Olahan Susu
Aneka Olahan Susu
A A A
JAKARTA - Susu telah menjadi minuman yang setia dikonsumsi setiap hari. Minuman ini punya segudang manfaat bagi tubuh, di antaranya bisa mengurangi stres.

Sebab, tidak jarang seusai beraktivitas dan menyelesaikan segudang pekerjaan, tubuh yang terasa lelah dan penat bisa kembali rileks dengan segelas susu hangat yang dapat menenangkan saraf dan mengendurkan otot yang tegang.

Selain itu, susu bisa meningkatkan energi saat mengalami PMS atau pramenstruasi syndrome. Nyatanya, saat menstruasi, wanita membutuhkan asupan nutrisi kalsium yang lebih besar. Mengonsumsi susu dapat menunjang asupan kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan saat PMS. Bagi orang dewasa, kalsium dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang.

Walau tidak merasakannya secara instan, manfaat ini akan kamu nikmati saat tua nanti. Karena itu, Anda juga disarankan memilih susu yang tinggi vitamin D. Kedua nutrisi ini saling berkorelasi satu sama lain. Vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tubuh.

Jadi, kata siapa Anda sudah tidak membutuhkan susu untuk diminum sehari-hari? Selain diminum, susu juga dikenal lezat untuk dijadikan bahan baku sejumlah makanan. Panna cotta, salah satunya. Selain jenis dessert ini bisa ditemukan sebagai menu penutup di restoran., jika memang menyukainya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahannya memerlukan gelatin bubuk yang kemudian ditim bersama air panas hingga larut. Susu cair, cooking krim, gula pasir, vanili bubuk, dan tambahan biskuit menjadi pelengkapnya. Cara membuatnya pun sederhana, campur larutan gelatin dengan susu cair dan aduk rata, panaskan krim dan gula pasir di atas api kecil sambil perlahan terus diaduk hingga mendidih.

Kemudian, tambahkan campuran susu gelatin dan vanili, aduk selagi panas hingga gelatin matang dan larut. Buang bagian selai biskuit dan hancurkan sampai halus, masukkan ke campuran susu, masukkan ke wadah cetakan, lalu simpan di lemari es hingga mengeras.

Keluarkan panna cotta dari lemari es dan siap disantap. Selain panna cotta, agar tidak bosan, susu juga bisa dibuat menjadi berbagai kreasi milkshake dengan campuran buah sebagai alternatifnya. Misalnya, banana milkshake dengan bahan utama pisang ambon, bubuk kayu manis sebagai perasa yang menambah aroma, susu cair, krim yoghurt plain atau rasa pisang.

Cara membuatnya pun mudah. Potong pisang ambon dan masukan ke freezer sekitar 30 menit. Sisakan satu potongan pisang sebagai garnis. Campurkan susu cair, yoghurt, kayu manis dalam blender dan blender hingga halus. Siapkan gelas, tuang campuran minuman, lalu taburi dengan bubuk kayu manis. Hiasi dengan potongan pisang, banana milkshake pun siap dinikmati. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2297 seconds (0.1#10.140)