6 Jurusan Kuliah Bidang Teknologi yang Menjanjikan di Era Digital

Rabu, 13 Desember 2023 - 11:29 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah Bidang Teknologi yang Menjanjikan di Era Digital
Di zaman serba digital saat ini, memilih jurusan kuliah yang berhubungan dengan teknologi memang jadi pilihan yang rasional karena masa depannya menjanjikan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jurusan kuliah bidang teknologi yang menjanjikan di era digital . Di zaman serba digital saat ini, memilih jurusan kuliah yang berhubungan dengan teknologi memang jadi pilihan yang rasional.

Alasannya hampir semua lini kehidupan di masyarakat di era modern ini sudah bersentuhan dengan teknologi, baik itu bisnis, pendidikan, bahkan urusan kesehatan.Karena faktor itulah lulusan jurusan bidang teknologi diprediksi banyak dibutuhkan di dunia kerja. Lalu jurusan bidang teknologi seperti apa yang menjanjikan di era digital? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

6 Jurusan Kuliah Bidang Teknologi yang Menjanjikan di Era Digital


1. Jurusan Sistem Informasi


Jurusan Sistem Informasi berfokus pada manajemen informasi dan penggunaan teknologi untuk menyelesaikan masalah bisnis. Buat kamu yang suka banget dengan teknologi dan pengen jadi ahli di bidangnya, jurusan ini cocok banget

Mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain pemodelan proses bisnis, sistem informasi akuntansi, keamanan sistem informasi, jaringan komputer dan komunikasi data, dan lain-lain.

Di dunia kerja saat ini, kebutuhan akan ahli sistem informasi sangat tinggi. Jadi, nggak usah khawatir deh soal masa depan kamu. Peluang karier buat kamu setelah lulus dari jurusan ini juga cukup banyak.Kamu bisa menjadi analis sistem, manajer proyek Teknologi Informasi (TI), konsultan TI, programmer, dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Sains Data


Sains Data atau sering disebut Data Science, adalah ilmu yang mengkombinasikan statistik, matematika, dan komputer untuk mengolah dan menganalisis data. Jurusan ini asyik banget buat kamu yang suka ngulik data dan pengen jadi ahli di bidangnya.

Mata kuliah yang bisa kamu pelajari antara lain Matematika diskrit, warehouse, riset operasi dan optimasi, privasi dan keamanan data, big data fundamental, visualisasi data, dan masih banyak lagi.



Kebutuhan akan ahli sains data di dunia kerja juga nggak kalah tingginya. Kamu bakal punya peluang karier yang bagus di masa depan. Adapun peluang karier yang ada buat kamu yang lulus dari jurusan ini antara lain data scientist, data analyst, data engineer, business intelligent, dan technopreneur.

3. Jurusan Teknologi Informasi


Kajian utama Jurusan Teknologi Informasi yaitu pada pengembangan, implementasi, dan manajemen sistem informasi untuk mendukung bisnis. Buat kamu yang punya jiwa kepemimpinan dan suka ngatur-ngatur, jurusan ini sangat cocok dipilih.

Selama kuliah, kamu akan bertemu mata kuliah yang menarik antara lain kecerdasan buatan, jaringan komputer, sistem informasi geografis, pemrograman mobile, pemrograman integratif, dan lain-lain.

Dunia kerja saat ini emang lagi butuh banget nih sama ahli teknologi informasi. Jadi, kamu bisa optimis tentang masa depan karier kamu di bidang ini. Peluang karier buat kamu yang lulus dari jurusan ini mulai dari IT manager, system integrator, network administrator, IT auditor, IT consultant, dan masih banyak lagi.

4. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak


Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Engineering merupakan jurusan yang fokus pada desain, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat lunak. Buat kamu yang pengen jadi programmer handal, jurusan ini sangat pas.

Kamu akan mempelajari banyak hal seperti konstruksi perangkat lunak, proses implementasi perangkat lunak, dasar jaringan komputer, pemrograman game, perancangan dan arsitektur perangkat lunak, dan lain-lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7080 seconds (0.1#10.140)