China Ciptakan Superkomputer Tianhe-3, Hasilkan Kinerja Terbaik dengan Prosesor Lokal

Kamis, 14 Desember 2023 - 09:39 WIB
loading...
China Ciptakan Superkomputer Tianhe-3, Hasilkan Kinerja Terbaik dengan Prosesor Lokal
China kembali meluncurkan superkomputer terbaru yang diberi nama Tianhe-3 (Tianhe Xingyi). Foto/TechSpot
A A A
BEIJING - China kembali meluncurkan superkomputer terbaru yang diberi nama Tianhe-3 (Tianhe Xingyi). Superkomputer Tianhe-3 menghadirkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, superkomputer pendahulunya, yakni Tianhe-2 menduduki posisi teratas dalam peringkat superkomputer tercepat yang termasuk dalam daftar TOP500.

Namun saat ini posisi Tianhe-2 telah tergeser oleh Tianhe-3, lantaran superkomputer generasi baru tersebut mampu menggandakan hasil kinerja yang dicapai hingga lebih dari dua kali lipat.



Tianhe-3 hadir dengan membawa prosesor lokal buatan China. Sanksi AS memaksa China menggunakan teknologi sendiri yang rupanya punya kinerja lebih baik.

Sebagaimana dilansir dari Techspot, Kamis (14/12/2023), spesifikasi sistem komputasi kinerja tinggi (HPC) Tianhe terbaru berasal dari situs media GDToday yang berbasis di Guangdong.

Tianhe Xingyi, generasi baru sistem superkomputer domestik China, secara resmi diluncurkan pada Konferensi Inovasi dan Aplikasi Superkomputer 2023 di Guangzhou, pada 6 Desember.

Tianhe-3 diklaim memberikan kinerja dua kali lipat dalam daya komputasi CPU, kemampuan jaringan, pelatihan model AI besar, dan analisis data besar.



Tianhe-2 menandai dimulainya dominasi China di pasar HPC, namun Tianhe Xingyi menegaskan sekali lagi bahwa National Supercomputer Center di Guangzhou (NSCC-ZC) adalah satu-satunya perusahaan China yang masuk dalam lima institusi superkomputer teratas dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4566 seconds (0.1#10.140)