AS Bantu Jet Siluman F-35 Israel Kemampuan Khusus, tapi Gagal Kalahkan Hamas

Kamis, 14 Desember 2023 - 13:12 WIB
loading...
AS Bantu Jet Siluman F-35 Israel Kemampuan Khusus, tapi Gagal Kalahkan Hamas
AS akui bantu jet tempur siluman F-35 Israel dengan kemampuan khusus dalam perang melawan Hamas di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengaku membantu jet tempur siluman F-35 Israel dengan "kemampuan khusus" dalam perang melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Menurut Pentagon, "kemampuan khusus" itu berupa file komputer spesial yang berisi informasi rinci tentang ancaman musuh untuk membantu armada jet tempur F-35 Israel.

"Menyusul serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, AS menyerahkan file data misi F-35 ke Israel dalam minggu, setengah minggu,” kata kepala akuisisi Pentagon Bill LaPlante dalam sidang dengar pendapat dengan Sub Komite Taktis Pasukan Udara dan Darat Angkatan Bersenjata (HASC) DPR pada hari Selasa, yang dilansir Defense One, Kamis (14/12/2023).



File data misi pada dasarnya adalah otak jet, sebuah sistem data ekstensif dengan informasi tentang ancaman musuh.

"Armada F-35 Israel telah tampil benar-benar luar biasa dalam perang melawan Hamas," kata Pejabat Eksekutif Program F-35 Letnan Jenderal Michael Schmidt dalam sidang tersebut, seraya mencatat tingkat kemampuan misi pesawat tersebut yang tinggi di Timur Tengah—sesuatu yang luar biasa yang dihadapi oleh operator F-35 Pentagon.

“Kami telah menambahkan beberapa kemampuan pada pesawat itu dalam waktu yang sangat singkat dan tim kami melakukan segala yang kami bisa untuk terus mengembangkan kemampuan di sana,” kata Schmidt.

Ketika para pejabat Pentagon memuji keunggulan F-35 selama perang, jumlah korban tewas di Gaza telah mencapai lebih dari 18.000 orang sejak 7 Oktober, menurut kementerian kesehatan yang berbasis di Gaza, sebuah lembaga di wilayah yang dikuasai Hamas.

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang bagaimana sebenarnya Israel menggunakan F-35 dalam perang di Gaza, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengonfirmasi bahwa mereka telah menggunakan salah satu pesawat tempur tersebut untuk menembak jatuh sebuah rudal jelajah.

“Kantor Program Gabungan F-35 telah bergerak dengan sangat cepat untuk mendukung mitra dan sekutu terdekat kami di Timur Tengah, Israel. Mereka melakukan hal ini dengan mempercepat kemampuan senjata F-35 dan meningkatkan tingkat pasokan suku cadang dalam perjuangan mereka melawan Hamas,” kata ketua Subkomite HASC Rob Wittman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)