5 Kota Jadi Role Model Pengembangan Ekraf Tanah Air, Makassar Punya Keunggulan Kuliner

Kamis, 14 Desember 2023 - 20:30 WIB
loading...
5 Kota Jadi Role Model Pengembangan Ekraf Tanah Air, Makassar Punya Keunggulan Kuliner
Sandiaga Uno menetapkan 5 kabupaten/kota sebagai model panutan (role model) pengembangan subsektor ekonomi kreatif unggulan Tanah Air. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menetapkan 5 kabupaten/kota sebagai model panutan (role model) pengembangan subsektor ekonomi kreatif unggulan Tanah Air.

Kelima Kabupaten/Kota tersebut adalah Kabupaten Banyumas dengan subsektor unggulan seni pertunjukan; Kota Makassar dengan subsektor unggulan kuliner; Kabupaten Batang dengan subsektor unggulan kriya; Kota Pangkalpinang dengan subsektor unggulan kuliner; serta Kabupaten Sleman dengan subsektor unggulan Film, Animasi dan Video.



Keputusan Menparekraf Tentang Penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2023 diserahkan langsung oleh Menparekraf kepada 5 Kepala Daerah KaTa Kreatif Indonesia 2023 di acara Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Rakornas Parekraf) 2023 yang berlangsung di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu (13/12/2023).

Menparekraf Sandiaga mengatakan penetapan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia merupakan bentuk pengakuan Kemenparekraf secara nasional kepada kabupaten/kota yang secara konsisten telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif di wilayah kabupaten/kota tersebut dan daerah ekosistem kabupaten/kota sekitarnya.

“Kami harapkan dengan award ini mampu mendorong kabupaten/kota lain lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif meningkatkan kinerja ekonomi kreatif dalam memajukan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing," kata Sandiaga Uno .

Selain 5 kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai KaTa Kreatif Indonesia 2023, Kemenparekraf juga memberikan apresiasi kepada Kota Surakarta sebagai salah satu dari 55 anggota yang tergabung dalam UNESCO Creative Cities Network (UCCN) periode tahun 2023 dari Indonesia.



Pengumuman hasil seleksi telah diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2023 melalui artikel yang diunggah pada situs resmi UNESCO.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)