Mengungkap Sosok Seram Kalumba, Urban Legend Asli Gorontalo

Kamis, 14 Desember 2023 - 19:05 WIB
loading...
Mengungkap Sosok Seram Kalumba, Urban Legend Asli Gorontalo
Urban legend jadi satu topik yang tak akan ada habisnya di Indonesia. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Urban legend jadi satu topik yang tak akan ada habisnya di Indonesia. Di tempat di Tanah Air tentu memiliki cerita urban yang diyakini.

Cerita urban yang ada pun tak serta merta tentang suatu bangunan atau tempat namun juga berupa sosok misterius yang acap kali digambarkan sangat menyeramkan. Salah satu yang terkenal adalah Kalumba .

Urban legend asal Gorontalo ini diyakini memiliki rupa yang sangat menyeramkan. Penasaran apa itu Kalumba? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Podcast Tangis - Eps. 140 Teror Sosok Kalumba
Mengungkap Sosok Seram Kalumba, Urban Legend Asli Gorontalo

Mengungkap S osok Seram Kalumba
Menurut masyarakat Gorontalo, kalumba adalah sosok makhluk halus yang berwujud kambing dengan badan terbalik. Sosok ini diyakini memiliki kemampuan yang menakutkan dan bahkan dianggap berbahaya bagi siapa saja yang berani mendekatinya.

Umumnya makhluk ini dipelihara oleh para dukun santet dan dipercaya dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis mantra. Menurut cerita yang beredar di masyarakat Gorontalo, Kalumba acap kali berada di sekitar sungai kecil atau tempat-tempat yang gelap dan lembab.

Makhluk ini pun memiliki kemampuan untuk berjalan mundur dan dapat diberi makan dari ampas kelapa. Akan tetapi, siapa saja yang melihat atau bahkan bertemu dengan makhluk ini diyakini akan meninggal dalam beberapa hari setelah kejadian.

Oleh sebab itu, banyak orang yang menghindari dan takut pada makhluk Kalumba. Orang yang memelihara hewan ini konon jika lupa memberi makan, maka salah satu dari keluarganya akan kelihatan pucat.
Jika dibiarkan terus menerus tidak diberi makan, maka anggota keluarganya akan meninggal satu persatu hingga yang paling terakhir adalah pemilik Kalumba itu sendiri.

Podcast Tangis - Eps. 140 Teror Sosok Kalumba
Mengungkap Sosok Seram Kalumba, Urban Legend Asli Gorontalo

Rupanya kisah Kalumba ini juga dibahas dalam Podcast Tangis . Penasaran dengan cerita tersebut?

Yuk simak hanya Podcast Tangis Eps. 140 Teror Sosok Kalumba hanya di ROOV . Kamu juga bisa mendengar cerita horor lainnya di podcast ini. Eits, jangan takut kamu bisa mengajak sobatmu untuk mendengarkan bersama.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)