Penelope Cruz, Aktris Spanyol Pertama yang Menangi Oscar

Minggu, 28 Januari 2018 - 14:33 WIB
Penelope Cruz, Aktris Spanyol Pertama yang Menangi Oscar
Penelope Cruz, Aktris Spanyol Pertama yang Menangi Oscar
A A A
PENELOPE Cruz adalah aktris asal Spanyol yang sudah lama berkecimpung di dunia akting. Aktris cantik ini telah membintangi puluhan film dan menerima banyak penghargaan.

Perempuan bernama lengkap Penelope Cruz Sanchez ini lahir di Alcobendas, Madrid, Spanyol pada 28 April 1974. Dia merupakan putri pasangan Encarna Sanchez, seorang hairdresser dan manajer pribadi, dan Eduardo Cruz, peritel dan mekanik mobil. Dia memiliki dua saudara kandung, Monica, seorang aktris, dan Eduardo.

Menjadi aktris, bukanlah cita-citanya dari kecil. Ia lebih senang menari terutama balet klasik. Dia bahkan belajar selama sembilan tahun di Konservatorium Nasional Spanyol dan empat tahun di sekolah teater Cristina Rota. "Balet ditanamkan dalam kedisiplinan saya sehari-hari. Kedisiplinan inilah yang menjadi bagian penting dalam karier akting masa depan saya," ujar Penelope, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Saat remaja, Penelope tertarik untuk berakting setelah melihat film Tie Me Up! Tie Me Down. Film asal Spanyol ini disutradarai oleh Pedro Almodovar pada 1989. Dia akhirnya memberanikan diri untuk mengikuti beberapa casting di agen film. Namun, ia ditolak karena dianggap masih terlalu muda. "Saya mencari agen dan dia menolak saya tiga kali karena saya adalah seorang gadis kecil. Tapi saya terus kembali dan mencoba lagi casting dan audisi," ujar Penelope.

Kerja keras dan kesabarannya pun tidak sia-sia. Pada tahun 1989 saat usianya 15 tahun, ia berhasil memenangi audisi di sebuah agen bakat. Dia pun berhasil mengalahkan lebih dari 300 anak perempuan berbakat lainnya. "Dia benar-benar ajaib saat audisi. Sudah jelas ada sesuatu yang sangat mengesankan tentang anak ini," ujar Katrina Bayonas, agen Penelope.

Perempuan yang kini berusia 43 tahun ini memulai karier aktingnya secara profesional sejak 1992. Saat itu dia berperan di film Jamon Jamon. Kesuksesan film ini mengantarkannya untuk mendapatkan peran di film-film lainnya, seperti Open Your Eyes pada 1997, The Hi-Lo Country pada 1999, dan The Girl of Your Dreams pada 2000.

Nama Penelope Cruz menanjak ke dunia internasional mulai tahun 2000 setelah membintangi film-film berbahasa Inggris, seperti Woman On Top, Blow, dan Vanilla Sky. Ia semakin mengukuhkan namanya sebagai aktris kenamaan Hollywood saat berperan di film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides pada tahun 2011 bersama Johnny Depp.

Totalitasnya teruji karena saat syuting Penelope sedang hamil 4 bulan. Karena itu sang adik, Monica Cruz, yang juga seorang aktris, menggantikannya sebagai pemeran pengganti di beberapa adegan. "Saat itu saya tengah berada di London untuk syuting film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides. Untungnya ada adik saya yang bisa menggantikan saya di beberapa adegan," ujar Penelope.

Nah yang terbaru, saat ini Penelope tengah menjalani syuting serial televisi The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story. Dalam serial televisi ini Penelope memerankan Donatella Versace, saudara perempuan Gianni Versace. Serial televisi sebanyak 9 episode ini menceritakan tentang misteri pembunuhan Gianni pada 1997 silam.

Sejak mulai berkarier di industri perfilman pada 1992 hingga saat ini, Penelope terhitung sudah membintangi 59 judul film dan 3 serial televisi. Berkat talentanya dan konsistensinya dalam berakting, ia dinominasikan untuk 69 ajang penghargaan perfilman bergengsi baik di Spanyol maupun Hollywood. "Penghargaan sangat bagus karena Anda bisa bertemu dengan teman dan kolega dari industri Anda. Ini semacam reuni," ujar Penelope.

Pada 2007 Penelope untuk pertama kalinya mendapat nominasi aktris terbaik di ajang Academy Award untuk perannya sebagai Raimunda dalam film Volver. Pada tahun 2009 Cruz memenangi aktris pendukung terbaik di Academy Award untuk perannya sebagai Maria Elena dalam film Vicky Cristina Barcelona.

Penghargaan ini menjadikannya sebagai aktris keturunan Spanyol pertama yang pernah meraih Piala Oscar. Pada 2010 ia kembali mendapat nominasi aktris pendukung terbaik Academy Award untuk perannya sebagai Carla Albanese dalam film musikal Nine. Sayangnya penghargaan ini jatuh kepada Mo’nique.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6547 seconds (0.1#10.140)