7,6 Juta Orang Diprediksi Naik Pesawat Saat Libur Nataru

Jum'at, 15 Desember 2023 - 17:07 WIB
loading...
7,6 Juta Orang Diprediksi Naik Pesawat Saat Libur Nataru
InJourney Group memproyeksikan jumlah penumpang pesawat bakal melakukan penerbangan saat nataru. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - InJourney Group memproyeksikan 7,6 juta penumpang pesawat bakal melakukan penerbangan melalui bandara Angkasa Pura I (Persero) dan Angkasa Pura II (Persero). Jumlah penumpang terjadi selama libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) 2023-2024.

Rinciannya, trafik penumpang di 15 bandara yang dikelola Angkasa Pura I diperkirakan mencapai 3,6 juta, angka ini meningkat 25 persen dibandingkan 2022. Sementara, jumlah penerbangan pesawat berada di posisi 29.000 atau ada kenaikan 17 persen.

Sedangkan pergerakan penumpang di bandara Angkasa Pura II diperkirakan menyentuh 4 juta orang, naik 8 persen dibandingkan tahun lalu. Dari sisi jumlah penerbangan mencapai 30,000 atau berarti naik 3 persen.



Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono mengatakan, persiapan matang sudah dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat yang diperkirakan meningkat signifikan.

"Kami di InJourney Group berupaya menangkap peluang tersebut dengan melakukan berbagai persiapan untuk memastikan perjalanan penumpang yang melalui bandara InJourney Group dapat berjalan lancar tanpa hambatan," ujar Maya melalui keterangan pers, Jumat (15/12/2023).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang udara selama libur Nataru, lanjut Maya, bandara di bawah InJourney Group telah melakukan berbagai antisipasi. Tidak hanya dari sisi persiapan infrastruktur, tetapi juga kesiapan petugas hingga sarana dan prasarananya.

Persiapan di bandara InJourney Group saat libur Nataru antara lain menyediakan Posko Pengendalian Transportasi Udara, mengoptimalkan peran ruang dan petugas AOCC, menyediakan fasilitas keselamatan, keamanan, pelayanan, dan kesehatan.

Lalu, pengaturan flow penumpang di area landside dan terminal bandara, penyesuaian jam operasi bandara, kesiapan seluruh konsesioner penyampaian data update extra flight, menyiapkan dan mengoptimalkan personel posko. Kemudian, aktif dalam media sosial untuk memberikan informasi kepada masyarakat.



Selama periode Nataru 2023-2024, sejumlah bandara di bawah AP I dan AP II beroperasi 24 jam. Di antaranya adalah Bandar Internasional I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi (Manado), Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin (Maros), Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta (Cengkareng), Bandar Udara Internasional Kualanamu (Medan) dan Bandar Udara Internasional Halim Perdana Kusuma (Jakarta).

Bandara AP I lainnya juga akan disiagakan 24 jam jika diperlukan penerbangan tambahan. Penambahan personel untuk mengantisipasi peningkatan aktivitas di bandara juga dilakukan. Di AP II, total ada 10.229 personel baik internal maupun eksternal yang disiagakan untuk menyambut Nataru. Jumlah itu meningkat 7 persen jika dibandingkan kondisi normal dengan petugas mencapai 9.569 personel. Jumlah personel ini terdiri atas 4.254 personel internal dan 426 personel yang berasal dari unsur TNI dan Polri.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4024 seconds (0.1#10.140)