Cegah Gula Darah Tinggi saat Libur Akhir Tahun, Ini 7 Cara Makan Sehat

Jum'at, 15 Desember 2023 - 01:30 WIB
loading...
Cegah Gula Darah Tinggi saat Libur Akhir Tahun, Ini 7 Cara Makan Sehat
Banyak orang mengisi liburan akhir tahun dengan mengonsumsi berbagai makanan. Momen ini kerap membuat kalap hingga mengakibatkan gula darah tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak orang mengisi liburan akhir tahun dengan pesta dan mengonsumsi berbagai makanan manis, pedas hingga bersantan. Momen ini kerap membuat beberapa di antaranya kalap hingga mengakibatkan gula darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Susan Bowerman mengatakan makanan ringan berkalori tinggi dapat berarti kalori berlebih dan juga dapat mempengaruhi tingkat energi. Dosis gula dapat mempengaruhi gula darah tinggi, tetapi untuk turun dengan cepat dan efek gula naik turun ini sering kali menyebabkan keinginan lebih banyak gula.

“Jadi, pentingnya untuk mengatur kebiasaan sehat selama musim libur akhir tahun ini untuk membantu mengendalikan keinginan makan manis sebelum menjadi sulit dikendalikan sepanjang tahun," kata Susan.

Berikut cara makan lebih sehat untuk mencegah gula darah tinggi saat libur akhir tahun.



1. Puaskan Keinginan Manis

The Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan memilih buah segar atau sayuran daripada semangkuk permen. Seperti waktu di kantor, cobalah buah segar dengan yogurt yang mengandung tinggi protein, atau segenggam trail mix yang terbuat dari kacang dan buah kering. Seperti buah berry juga merupakan pengganti gula yang baik, karena mereka manis, lezat, dan mudah dimakan.

Mengisi perut dengan makanan bergizi ini sebelum menghadiri suatu acara juga dapat membantu menghindari konsumsi berlebihan seperti permen dan camilan - banyak di antaranya mengandung banyak gula, lemak, dan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

2. Makan dengan Penuh Perhatian

Bagi banyak dari kita, libur akhir tahun yang penuh stres di mana akan makan saat dalam perjalanan atau saat mencicipi hidangan di atas meja. Ingatlah untuk makan dengan lambat, dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi otak Anda untuk memberi tahu bahwa Anda sudah kenyang, setidaknya luangkan waktu untuk memikirkan apa yang Anda makan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)