Karyawan Google Protes Proyek Raksasa Teknologi Nimbus dengan Israel

Sabtu, 16 Desember 2023 - 17:52 WIB
loading...
Karyawan Google Protes Proyek Raksasa Teknologi Nimbus dengan Israel
Karyawan Google memprotes proyek Nimbus yang dilakukan untuk Israel. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ratusan orang, termasuk pekerja Google, berkumpul di luar kantor Google di kota San Francisco, AS, untuk memprotes proyek raksasa teknologi tersebut dengan Israel .

Mereka menuntut Google untuk membatalkan Proyek Nimbus, sebuah kontrak senilai USD1,2 miliar yang dimulai pada tahun 2021 untuk menyediakan layanan cloud ke Israel, para pengunjuk rasa dibaringkan dalam lembaran -- bertuliskan "Genosida" dalam huruf pelangi khas Google -- dalam bentuk "die-in" pertunjukan.

"Hari ini kita akan mendengar penolakan dari beberapa pekerja Google yang berani dan mengambil sikap untuk terlibat. Wah, buruknya keuntungan perusahaan dari genosida," kata salah satu pengunjuk rasa, dilansir Anadolu.

Secara terpisah, pengunjuk rasa lainnya, seorang pekerja Google dan anggota Sosialis Demokrat Amerika, mengatakan: "Saya di sini mendukung tidak adanya teknologi untuk apartheid.



“Saya di sini menentang sistem apartheid Israel yang membatasi hak-hak warga Palestina dan mengakhiri kehidupan warga Palestina, sebuah sistem yang secara material didukung oleh majikan saya melalui keterlibatannya dengan Project Nimbus.”

Para pengunjuk rasa membawa bendera Palestina dan meneriakkan sambil membentangkan spanduk bertuliskan “Hentikan Proyek Nimbus,” “Jangan Jahat=Jangan Mendukung Genosida,” “Tidak Ada Teknologi untuk Genosida” dan “Tidak Ada Teknologi untuk Apartheid”.

Seorang pejabat dari Google menyatakan bahwa proyek tersebut akan digunakan oleh Israel di bidang keuangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan, dan tidak ada hubungannya dengan praktik militer negara tersebut.

Sebelumnya, Google dikabarkan melakukan mobbing terhadap beberapa karyawannya yang menentang proyek tersebut.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)