4 Rekomendasi Wisata di Titik Nol Kilometer Indonesia, Terbaru di IKN

Sabtu, 16 Desember 2023 - 23:39 WIB
loading...
4 Rekomendasi Wisata di Titik Nol Kilometer Indonesia, Terbaru di IKN
Hampir semua wilayah di Indonesia terdapat Tugu Titik Nol. Tentu saja ini menyimpan daya tarik wisata. Foto/ antara.
A A A
JAKARTA - Hampir semua wilayah di Indonesia terdapat “Tugu Titik Nol.” Tentu saja ini menyimpan daya tarik wisata. Anda pun bisa berkunjung saat liburan akhir tahun ini.

Titik nol kilometer adalah titik spesial yang menandai awal perhitungan jarak di seluruh Indonesia. Tempat-tempat ini tentu memiliki cerita, bahkan keindahannya masing-masing. Mulai budaya, tradisi, keajaiban alam dan pesona alam yang akan mewarnai perjalanan Anda.

Bagi Anda yang mau merasakan sensasi liburan berbeda, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa destinasi wisata di sekitar titik nol kilometer Indonesia berikut ini.

Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara, titik nol kilometer Yogyakarta tepat berada di tengah Kota Yogyakarta. Lokasi tugu titik nol kilometer Yogyakarta dikelilingi bangunan bersejarah yang bisa kita kunjungi saat liburan.

Mulai dari Kantor Pos Indonesia, Gedung Agung, Monumen Serangan 1 Maret, Benteng Vredeburg, hingga Jalan Malioboro. Jika Anda ingin mencari cenderamata khas Yogyakarta, bisa mengunjungi Teras Malioboro yang tak jauh dari titik nol.

Ada banyak produk ekraf yang bisa dijadikan oleh-oleh. Mulai dari gelang, kerajinan perak, cincin, bakpia, hingga jamu tradisional.

Titik Nol Kilometer Sabang

Titik nol kilometer Sabang sering disebut penanda geografis ujung terjauh Barat Indonesia. Lokasinya ada di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Terdapat tugu titik nol yang berdiri di atas tebing dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Mengunjungi titik nol Sabang kurang lengkap tanpa menyelami keindahan bawah laut di Sabang. Terumbu karang yang sangat cantik bisa kita lihat langsung di beberapa spot selam di Sabang. Ada sekitar 20 titik selam di Sabang, antara lain West Seulako, Arus Balee, Rubiah Jetty, hingga Sophie Rickmers.

Karena keindahan bahari yang memesona, tak heran kalau Sabang kerap menggelar berbagai sport tourism olahraga air, yakni Sabang Freediving dan Sabang Marine Festival.

Titik Nol Kilometer Merauke

Berada di ujung timur Indonesia, titik nol kilometer Merauke berdekatan dengan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Di titik nol kilometer ini Sobat Parekraf bisa menemukan monumen bertulisan "0 Km Merauke-Sabang" yang cukup besar.

Sempatkan berkunjung ke Monumen Kapsul Waktu yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo. Monumen ini berada di Alun-alun, Klp. Lima, Merauke. Monumen ini berisikan impian anak-anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Impian ini ditulis pada 2015 dan akan dibuka pada 2085.

Titik Nol Kilometer Nusantara

Salah satu titik nol kilometer terbaru ada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pada 2022, pemerintah telah meresmikan monumen setinggi 50 cm sebagai penanda titik nol kilometer. Titik nol ini berada di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menjadi patokan infrastruktur pembangunan Ibu Kota baru Indonesia, tugu nol kilometer di Nusantara mulai ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan pembangunan IKN.

Jika ingin melihat langsung budaya khas Dayak yang masih terjaga dengan baik. Anda bisa datang ke Desa Wisata Pampang di Kota Samarinda, atau dekat Bandara APT Pranoto. Di sini terdapat Rumah Adat Betang yang menjadi tempat tinggal Suku Dayak Apokayan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)