Jalan Kaki Bisa Cegah Penyakit Kronis, dari Diabetes hingga Tekanan darah Tinggi

Senin, 18 Desember 2023 - 09:00 WIB
loading...
Jalan Kaki Bisa Cegah Penyakit Kronis, dari Diabetes hingga Tekanan darah Tinggi
Jalan kaki bisa mencegah dari penyakit kronis. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah penelitian menyoroti dampak besar jalan kaki dalam mencegah penyakit. Foto/Sports Illustrated
A A A
JAKARTA - Jalan kaki bisa mencegah dari penyakit kronis. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah penelitian telah menyoroti dampak besar jalan kaki dalam mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sejumlah penelitian telah menghubungkan jalan kaki secara teratur dengan peningkatan kesehatan jantung. Aktivitas ini membantu menjaga tekanan darah yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan.

Dilansir dari Times of India, Senin (18/12/2023) jalan 10.000 langkah sehari untuk kesehatan adalah tren yang sedang populer, namun penelitian lain tentang aktivitas fisik ini menemukan bahwa berjalan lebih sedikit juga dapat membuat Anda tetap sehat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center di Nashville, TN, pada 2022 menemukan bahwa jalan kaki 8.200 langkah dapat mengurangi efek penyakit kronis seperti obesitas, sleep apnea, penyakit gastroesophageal reflux (GERD), gangguan depresi mayor (MDD), diabetes dan tekanan darah tinggi.



Jalan Kaki Bisa Cegah Penyakit Kronis, dari Diabetes hingga Tekanan darah Tinggi

Foto/Infografis SINDOnews

Studi yang dirilis pada 2022 juga menemukan bahwa jalan lebih banyak membantu lebih baik. “Untuk sebagian besar kondisi, lebih tinggi lebih baik. Namun, untuk diabetes dan tekanan darah tinggi, kami mengamati adanya peningkatan sekitar 8–9.000 langkah per hari, dan jika melebihi itu, tidak ada manfaat yang jelas,” kata peneliti senior studi ini Dr. Evan L. Brittain, profesor kedokteran di Vanderbilt.

Hal ini tidak berarti bahwa orang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes harus berhenti jalan kaki ketika mereka mencapai target langkah tersebut. Ini karena ada manfaat dari aktivitas di luar kedua kondisi tersebut.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine pada 2022 menemukan bahwa jalan kaki 15 menit setelah makan dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes. Studi tersebut juga menemukan bahwa jalan kaki beberapa menit saja sudah dapat mengaktifkan manfaatnya.

Analisis tersebut membandingkan efek fraksinasi duduk dalam waktu lama dengan seringnya berdiri dalam waktu singkat dan berjalan dengan intensitas ringan pada penanda kesehatan kardiometabolik dan melakukan meta-analisis untuk perbedaan tekanan darah sistolik (SBP), glukosa postprandial, dan insulin. Sebanyak tujuh studi dilibatkan dalam analisis.



Saat menghitung jumlah langkah, Anda mengabaikan kecepatan berjalan. Sesuai penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, jalan kaki setidaknya 4,5 km per jam dapat secara efektif membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes. 2,5 mph setara dengan 87 langkah per menit untuk pria dan 100 langkah per menit untuk wanita.

Manfaat jalan kaki akan maksimal jika dilakukan secara konsisten. Hindari rutinitas sporadis dan upayakan aktivitas fisik yang teratur dan berkelanjutan. Rasa sakit yang terus-menerus selama atau setelah berjalan tidak boleh diabaikan. Sangat penting untuk mendengarkan tubuh Anda.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)