Israel Berencana Bangun Tembok Anti-terowongan di Perbatasan Mesir dan Gaza

Senin, 18 Desember 2023 - 07:39 WIB
loading...
Israel Berencana Bangun Tembok Anti-terowongan di Perbatasan Mesir dan Gaza
Terowongan Hamas memiliki kekuatan yang tidak mampu ditembus tentara Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel berencana membangun tembok anti-terowongan bawah tanah di dekat perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir. Itu dilakukan untuk menghalau pasokan logistik yang masuk ke Gaza.

Tembok tersebut rencananya akan dibangun di Poros Philadelphia setelah berakhirnya perang di Gaza saat ini. Itu dilaporkan Radio Angkatan Darat.

Menurut radio tersebut, delegasi Israel telah melakukan perjalanan ke Mesir untuk membicarakan pembangunan tembok tersebut.

“Rakyat Mesir memahami kebutuhan keamanan Israel akan hal ini,” kata radio tersebut, mengutip seorang pejabat keamanan Israel, dilansir Al Jazeera.

Belum ada komentar langsung dari Mesir mengenai laporan Israel tersebut.



Poros Philadelphia adalah jalur sempit di wilayah Jalur Gaza, membentang sepanjang 14 km (8,7 mil) di sepanjang perbatasan antara wilayah kantong tersebut dan Mesir.

“Israel takut akan keberadaan terowongan di wilayah Palestina di timur Rafah, yang dianggap sebagai perpanjangan dari Poros Philadelphia,” kata saluran Israel i24News.

Menurut saluran tersebut, Mesir berulang kali mengatakan bahwa tidak ada terowongan bawah tanah di wilayah perbatasan dengan Jalur Gaza.

Israel percaya bahwa terowongan bawah tanah adalah kunci operasi Hamas di medan perang.

Israel telah melancarkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza sebagai pembalasan atas serangan Hamas, yang menewaskan sedikitnya 18.800 warga Palestina, sebagian besar anak-anak dan wanita serta melukai 51.000 lainnya, menurut otoritas kesehatan di wilayah kantong tepi pantai tersebut.

Hampir 1.200 orang diyakini tewas dalam serangan Hamas, sementara lebih dari 130 sandera masih disandera.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)