Update Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia, Tembus 2 Ribuan

Senin, 18 Desember 2023 - 13:00 WIB
loading...
Update Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia, Tembus 2 Ribuan
Kementerian Kesehatan mengeluarkan laporan data terkini soal kasus Covid-19 per 17 Desember 2023. Poin yang mencuri perhatian adalah total kasus aktif. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan laporan data terkini soal kasus Covid-19 per 17 Desember 2023. Poin yang mencuri perhatian adalah total kasus aktif.

Menurut laporan resmi Kemenkes, total kasus aktif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.070 kasus, dengan kasus sembuh 128 orang, dan kasus konfirmasi positif 216 kasus.

Tercatat juga 1 pasien Covid-19 meninggal dunia per 17 Desember 2023. Tidak dijelaskan secara rinci detail data pasien yang meninggal ini, termasuk berapa usianya, apakah ada komorbid atau tidak, pun soal apakah sudah divaksinasi dosis lengkap atau belum.

Data ini perlu menjadi perhatian bersama, mengingat penyebaran Covid-19 yang mudah terjadi dengan situasi protokol kesehatan di masyarakat yang sudah melemah.



Ya, banyak kita lihat sekarang masyarakat enggan mengenakan masker sekali pun berada di kerumunan. Beberapa orang yang bersin dan batuk-batuk juga tidak menggunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.

Kondisi ini yang kemudian membuat Eks Direktur Penyakit Menular Badan Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama mendesak agar masyarakat kembali pakai masker, terutama saat berada di tempat ramai.

Imbauan itu pun sudah dilakukan pemerintah Singapura yang mana kasus Covid-19 di sana melonjak, serupa dengan di Indonesia.

Pemerintah Singapura amat menganjurkan atau 'strongly encouraged' penggunaan masker di tempat kerumunan, apalagi kalau di dalam ruangan dan ketika mengunjungi kelompok rentan.

"Pengetatan aturan pakai masker perlu dipertimbangkan pada wilayah yang melaporkan kenaikan kasus," kata Prof Tjandra melalui pesan WhatsApp, Senin (18/12/2023).

Selain pakai masker, masyarakat diimbau juga untuk melengkapi dosis vaksin Covid-19. Vaksinasi penting untuk menekan potensi lonjakan kasus. Update Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia, Tembus 2 Ribuan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)