Fenomena Uranus Bercahaya Cincin Tertangkap Kamera NASA

Selasa, 19 Desember 2023 - 15:36 WIB
loading...
Fenomena Uranus Bercahaya Cincin Tertangkap Kamera NASA
Fenomena Uranus Bercahaya Cincin. FOTO/CNET
A A A
JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA menangkap gambar Uranus yang luar biasa. Gambar ini menunjukkan cincin planet, bulan, dan fitur khusus yang satu ini: cahaya seperti lingkaran cahaya.



Seperti dilansir dari Wion News, Selasa (19/12/2023), cahaya seperti lingkaran cahaya ini disebut "ombak cahaya". Ombak cahaya adalah fenomena yang disebabkan oleh interaksi antara medan magnet planet dan angin matahari. Medan magnet Uranus sangat kuat, dan angin matahari dapat menyebabkan medan magnet ini bergetar. Getaran ini menyebabkan gelombang cahaya yang terlihat.

Ombak cahaya di Uranus pertama kali diamati pada tahun 1986 oleh Voyager 2. Teleskop Hubble telah mengamati ombak cahaya ini beberapa kali, tetapi gambar terbaru ini adalah yang paling detail.

Gambar ini menunjukkan ombak cahaya yang membentang lebih dari 10.000 kilometer. Ombak ini berwarna biru karena berasal dari cahaya matahari yang dipantulkan oleh cincin Uranus.

Ombak cahaya adalah fitur yang unik dan menarik di Uranus. Mereka membantu kita untuk memahami lebih baik tentang medan magnet planet ini.

Ombak cahaya di Uranus adalah salah satu fenomena alam yang paling menakjubkan. Mereka adalah contoh bagaimana alam semesta dapat menciptakan hal-hal yang indah dan misterius.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2195 seconds (0.1#10.140)