PPID UNJ Raih Penghargaan Badan Publik Informatif dari KIP

Selasa, 19 Desember 2023 - 17:43 WIB
loading...
PPID UNJ Raih Penghargaan Badan Publik Informatif dari KIP
PPID UNJ meraih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023. Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selaku Badan Publik kategori Perguruan Tinggi Negeri meraih penghargaan kualifikasi Informatif. Penghargaan ini diberikan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) .

Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023 ini langsung diberikan oleh Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden Republik Indonesia kepada Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ pada Rabu (19/12/23) di Istana Wakil Presiden RI Jakarta.

Sebelumnya dari tahun 2021 hingga 2022, PPID UNJ meraih nilai kualifikasi “Menuju Informatif”. Pada tahun ini PPID UNJ dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 meraih penghargaan kualifikasi badan publik “Informatif”.

Baca juga: Ingin Kuliah di UNJ di 2024, 17 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat
Rektor UNJ Prof. Komarudin dan juga Pimpinan/Atasan PPID UNJ mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan bagian dari perwujudan demokrasi di mana setiap warga negara berhak mendapatkan informasi publik yang dibutuhkan dari suatu badan publik.

Hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh KIP RI ini merupakan wujud transparansi dalam penyelenggaraan keterbukaan publik oleh badan publik.

"Tahun ini Alhamdulillah memperoleh predikat Informatif dengan nilai 96. Penghargaan PPID UNJ yang sangat baik ini turut menjadi bukti secara keterbukaan informasi publik kita sudah sangat siap untuk menuju PTN-BH dan mencapai World Class University," ujarnya, melalui siaran pers, Rabu (19/12/2023).

Prof. Komarudin menambahkan, PPID UNJ terus berinovasi lewat media sosial UNJ seperti Facebook, Twitter, dan Instagram UNJ Official. Inovasi lain melalui media audio-visual dengan dibentuknya “Edura TV”.

Baca juga: Rektor UNJ Paparkan 4 Capaian Kemandirian Universitas Menuju World Class University

PPID UNJ juga memberikan informasi melalui produk jurnalistik dalam bentuk berita di website utama UNJ, serta Edura News untuk liputan yang mendalam (in-depth). Selain juga mendukung media yang dikelola mahasiswa UNJ.

Kolaborasi juga dibangun dengan Ikatan Alumni UNJ (IKA UNJ) dan Pusat Karir UNJ (Career Center) untuk memberikan informasi mengenai lulusan UNJ dan lowongan pekerjaan yang disediakan oleh dunia usaha dan dunia industri.
"Selain itu PPID UNJ juga bersinergi dengan media Forum Wartawan Pendidikan Jakarta (Fortadik) dalam melaksanakan pemberitaan publik," tambah Prof. Komarudin.

Sementara itu Prof. Fahrurrozi selaku Wakil Rektor UNJ Bidang Perencanaan dan Kerja sama dan juga Ketua Pelaksana PPID UNJ mengatakan bahwa pola PPID UNJ berdasarkan prinsip penta helix, yaitu PPID UNJ membangun sistem, inovasi, dan kolaborasi dengan pemerintah, media, komunitas, bisnis, dan akademisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)