alexametrics

9 Cara Hindari Diabetes

loading...
9 Cara Hindari Diabetes
Dewasa ini banyak orang sulit menghindari diabetes. Namun, ada 9 cara untuk menghindari risiko terkena penyakit ini. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kata 'diabetes' telah menjadi begitu umum dalam kosa kata sehari-hari. Ini karena diabetes salah satu penyakit yang paling umum terjadi pada manusia!

Ketika memikirkannya, tak sedikit dari orang yang kita kenal, mungkin menderita diabetes. Pada survey, seperti dilansir Boldsky, jumlah orang yang menderita diabetes meningkat dari 108 juta di 1980 menjadi sekitar 422 juta pada 2014.

Jadi, Anda hanya bisa membayangkan betapa buruknya masalah ini, bahkan di tahun-tahun mendatang! Seperti yang mungkin sudah diketahui, diabetes merupakan kelainan metabolic, di mana tubuh gagal menghasilkan insulin yang cukup atau menolaknya sehingga meningkatkan kadar gula darah ke tingkat abnormal.

Bila kadar gula darah terlalu tinggi, bisa menyebabkan sejumlah gejala diabetes seperti kelelahan, sering buang air kecil, menurunkan kekebalan tubuh, penyembuhan luka yang lambat, dan lainnya. Bagian yang tidak menguntungkan tentang diabetes adalah hal itu tidak dapat disembuhkan, namun gejala dapat diobati dan tetap terkendali.

Berikut adalah beberapa cara yang terbukti untuk tidak pernah terkena diabetes, kecuali jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit ini.

1. Menjaga BMI Sehat

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mempertahankan IMT sehat (Body Mass Index) adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, termasuk diabetes. Untuk memiliki BMI yang sehat, seseorang harus memastikan mereka kehilangan atau menambah berat badan sesuai dengan itu, dengan membuat perubahan gaya hidup yang sehat. Memiliki BMI normal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 70%!

9 Cara Hindari Diabetes


2. Konsumsi Salad

Pastikan Anda mengonsumsi semangkuk salad dengan berbagai macam sayuran dan sayuran hijau, seperti wortel, timun, selada, tomat, bawang merah, bawang putih, dan lainnya. Setidaknya sekali sehari, sebelum makan siang atau makan malam.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan cuka ke salad. Mengkonsumsi salad dengan cuka dapat membantu darah menyerap lebih sedikit gula dari makanan yang Anda miliki nanti sehingga menjaga keseimbangan kadar gula darah. Ini membantu menurunkan risiko diabetes.

9 Cara Hindari Diabetes


3. Olahraga

Seperti yang mungkin sudah diketahui, berolahraga sangat penting untuk tetap fit dan sehat untuk jangka waktu yang lebih lama. Ketika Anda berusaha mencegah diabetes, berjalan adalah salah satu latihan terbaik yang bisa membantu!

Dengan mengadaptasi rutinitas berjalan cepat minimal 40 menit setiap hari, sejak usia muda, tingkat metabolisme Anda dapat tetap cukup sehat untuk menjaga tingkat insulin dalam tubuh. Ini dapat mengurangi risiko diabetes.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak