9 Cara Hindari Diabetes

Selasa, 13 Februari 2018 - 13:50 WIB
9 Cara Hindari Diabetes
9 Cara Hindari Diabetes
A A A
JAKARTA - Kata 'diabetes' telah menjadi begitu umum dalam kosa kata sehari-hari. Ini karena diabetes salah satu penyakit yang paling umum terjadi pada manusia!

Ketika memikirkannya, tak sedikit dari orang yang kita kenal, mungkin menderita diabetes. Pada survey, seperti dilansir Boldsky, jumlah orang yang menderita diabetes meningkat dari 108 juta di 1980 menjadi sekitar 422 juta pada 2014.

Jadi, Anda hanya bisa membayangkan betapa buruknya masalah ini, bahkan di tahun-tahun mendatang! Seperti yang mungkin sudah diketahui, diabetes merupakan kelainan metabolic, di mana tubuh gagal menghasilkan insulin yang cukup atau menolaknya sehingga meningkatkan kadar gula darah ke tingkat abnormal.

Bila kadar gula darah terlalu tinggi, bisa menyebabkan sejumlah gejala diabetes seperti kelelahan, sering buang air kecil, menurunkan kekebalan tubuh, penyembuhan luka yang lambat, dan lainnya. Bagian yang tidak menguntungkan tentang diabetes adalah hal itu tidak dapat disembuhkan, namun gejala dapat diobati dan tetap terkendali.

Berikut adalah beberapa cara yang terbukti untuk tidak pernah terkena diabetes, kecuali jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit ini.

1. Menjaga BMI Sehat
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mempertahankan IMT sehat (Body Mass Index) adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, termasuk diabetes. Untuk memiliki BMI yang sehat, seseorang harus memastikan mereka kehilangan atau menambah berat badan sesuai dengan itu, dengan membuat perubahan gaya hidup yang sehat. Memiliki BMI normal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 70%!
9 Cara Hindari Diabetes

2. Konsumsi Salad
Pastikan Anda mengonsumsi semangkuk salad dengan berbagai macam sayuran dan sayuran hijau, seperti wortel, timun, selada, tomat, bawang merah, bawang putih, dan lainnya. Setidaknya sekali sehari, sebelum makan siang atau makan malam.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan cuka ke salad. Mengkonsumsi salad dengan cuka dapat membantu darah menyerap lebih sedikit gula dari makanan yang Anda miliki nanti sehingga menjaga keseimbangan kadar gula darah. Ini membantu menurunkan risiko diabetes.
9 Cara Hindari Diabetes

3. Olahraga
Seperti yang mungkin sudah diketahui, berolahraga sangat penting untuk tetap fit dan sehat untuk jangka waktu yang lebih lama. Ketika Anda berusaha mencegah diabetes, berjalan adalah salah satu latihan terbaik yang bisa membantu!

Dengan mengadaptasi rutinitas berjalan cepat minimal 40 menit setiap hari, sejak usia muda, tingkat metabolisme Anda dapat tetap cukup sehat untuk menjaga tingkat insulin dalam tubuh. Ini dapat mengurangi risiko diabetes.
9 Cara Hindari Diabetes

4. Konsumsi Biji-bijian
Pastikan makanan mengkonsumsi biji-bijian, seperti oatmeal, jelai, beras merah, millets, dan lainnya, terutama untuk sarapan.
Biji-bijian kaya akan nutrisi, termasuk serat. Kandungan serat dalam biji-bijian dapat membantu mengurangi kadar gula darah secara alami sehingga mencegah diabetes di kemudian hari.

Biji-bijian utuh juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti mengobati sembelit, dan tekanan darah tinggi.
9 Cara Hindari Diabetes

5. Mengkonsumsi Kopi
Ya, walaupun ada banyak argumen di bidang medis mengenai pro dan kontra minum kopi, banyak penelitian menyatakan minum 2 cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sekitar 29%.
Tentu saja, kopi yang dikonsumsi harus tanpa gula. Antioksidan yang ada dalam kopi dikatakan bertanggung jawab atas manfaat ini.
9 Cara Hindari Diabetes

6. Hindari Makanan Cepat
Saat ini, makanan cepat saji mudah didapat. Namun, mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan seperti kentang goreng, pizza, burger, dan sebagainya dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk obesitas, kolesterol tinggi, masalah pencernaan, masalah jantung dan sebagainya.

Makanan ini juga bisa menciptakan ketidakseimbangan kadar insulin dalam jangka panjang. Jadi, hindari makanan ini untuk mencegah diabetes!
9 Cara Hindari Diabetes

7. Mengkonsumsi Kayu Manis
Dengan menambahkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan Anda dalam bentuk minyak kayu manis atau bubuk, Anda bisa menurunkan risiko terkena diabetes hingga 48%!

Studi mengatakan kayu manis memiliki kemampuan alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat di tubuh Anda. Bila kedua faktor ini berkurang secara alami, maka kadar gula darah juga seimbang sehingga membantu Anda mencegah terkena diabetes.
9 Cara Hindari Diabetes

8. Hindari Stres
Stres salah satu akar penyebab sejumlah penyakit, mulai sakit kepala sampai penyakit utama seperti kanker. Ini adalah fakta. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang sering stres, Anda juga berisiko terkena diabetes.

Mencoba teknik relaksasi, yoga dan menemukan cara lain untuk mengurangi stres dapat menurunkan kadar hormon kortisol di tubuh Anda, sehingga mencegah diabetes.
9 Cara Hindari Diabetes

9. Berhenti Merokok

Penyebab lain untuk sejumlah penyakit berbahaya, seperti stres adalah merokok. Seiring dengan penyakit utama lainnya, seperti kanker paru-paru, merokok juga terkait dengan diabetes. Jadi, singkirkan kebiasaan merokok sesegera mungkin sehingga bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes.
9 Cara Hindari Diabetes
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5473 seconds (0.1#10.140)