Mau Nonton Black Panther? Ini Sekelumit Panduannya!

Rabu, 14 Februari 2018 - 06:30 WIB
Mau Nonton Black Panther? Ini Sekelumit Panduannya!
Mau Nonton Black Panther? Ini Sekelumit Panduannya!
A A A
JAKARTA - Black Panther bakal mulai tayang di seluruh bioskop Indonesia pada hari ini, Rabu (14/2/2018). Tokoh ini adalah salah satu tokoh baru yang sedang diperkenalkan Marvel Cinematic Universe (MCU).

Black Panther sebelumnya sudah dimunculkan di Captain America: Civil War (2016). Namun, siapa dia sebenarnya dan apa kisahnya, belum digali. Lewat film solo yang dibesut Ryan Coogler inilah Marvel berharap penonton bakal bisa lebih tahu sosoknya.

Tapi, jika Anda memang belum tahu seperti apa Black Panther dan ingin mengetahui sekelumit informasinya sebelum menonton film ini, ada baiknya Anda mengikuti ulasan yang dikutip dari The Washington Post ini. Secara garis besar, Black Panther adalah tokoh superhero kulit hitam pertama di komik mainstream dan sudah lama dianggap sebagai superhero kulit hitam paling populer sepanjang masa.

Siapakah Black Panther?

Black Panther, yang diciptakan Stan Lee dan Jack Kirby, pertama kali muncul di Marvel Comics pada 1966 di Fantastic Four No 52. Legendanya dimulai setelah dia seorang diri berhasil mengalahkan Fantastic Four di komik itu. Dia mengungkapkan dirinya dan negara Wakanda yang teknologinya sangat maju di Afrika kepada alam semesta Marvel Comics dan fansnya.

Nama asli Black Panther adalah T’Challa dan dia memerintah Wakanda sebagai seorang raja. Mantel Black Panther adalah warisan turun temurun di keluarga kerajaan. Namun, tiap Panther harus melalui serangkaian ujian untuk mendapatkan titel itu secara resmi.

T’Challa mewarisi mahkota itu ketika ayahnya, T’Chaka, tewas dibunuh. Di komik, T’Chaka dibunuh Klaw, seorang Belanda yang ingin menguasai Wakanda karena vibrarium yang mereka miliki. Di film Captain America: Civil War, T’Chaka tewas akibat serangan bom di markas PBB di Wina, Austria. Sosok Klaw juga muncul di film Black Panther dengan nama Ulysses Klaue yang diperankan Andy Serkis.

Wakanda kaya dengan logam fiktif yang sangat langka, yaitu vibrarium, yang melawan hukum ilmiah dengan menyerap gelombang suara dan getaran, termasuk energi kinetik. Tameng Captain America dikenal dibuat dari vibrarium. T’Chaka menutup Wakanda dari dunia luar demi melindungi virbrarium, menjualnya dalam jumlah kecil untuk membantu mendanai pendidikan. Hasilnya, teknologi Wakanda sangatlah maju.

Kekuatan dan Kemampuan
T’Challa mendapatkan kekuatan super dari Heart-Shaped Heb, tanaman asal Wakanda yang menambah kemampuan dan kaitan tiap Black Panther secara spiritual ke dewa Panther, Bast. Kemampuan ini membuatnya bertarung dengan level yang sama dengan prajurit super buatan seperti Captain America. Kemampuan tempur dan intelijen T’Chala adalah miliknya sendiri.

Kekuatannya termasuk indera super termasuk penglihatan ultraviolet dan penelusuri bau. Kemampuan fisiknya termasuk kekuatan, kecepatan, pertahanan dan lain-lain. Dia juga mampu melakukan berbagai macam pertempuran tanpa senjata dan merupakan master strategi dan taktik.

Kostum Black Panther dibuat dari tenunan vibrarium, yang menyerap gaya kinetik akibat pukulan dan terjangan peluru. Kostum ini juga bisa mendistribusi ulang kekuatan dan melepaskannya sebagai tekanan energi untuk menyerang.

Kostum ini juga punya teknologi mantel yang membuatnya bisa menghilang dan muncul sesuai kehendak pemakaiannya. Manifestasinya berasal dari kalung khusus.

Sarung tangan mengandung cakar kuat yang cukup ampuh meninggalkan tanda di tameng Captain America. Di komik, cakar ini dibuat dari antilogam yang bisa menghancurkan metal lain saat bersentuhan. Sedangkan, sepatunya memiliki bantalan campuran vibrarium yang membuat T’Challa mampu melompat tinggi tanpa cedera saat mendarat, berjalan di atas air dan memanjat gedung.

Karakter di Film dan Hubungannya
T’Challa/Black Panther — Chadwick Boseman: Raja Wakanda dan superhero Black Panther

Keluarga:
Ramonda — Angela Basset: Ibu T’Challa dan Shuri, mantan ratu
Shuri — Letitia Wright: Adik T’Challa yang berusia 16 tahun, seorang penemu jenius yang membuat kostum baru Panther

Dora Milaje:
Nakia — Lupita Nyong'o: Mata-mata Wakanda yang ditugasi misi intelijen di seluruh dunia yang juga mantan kekasih T’Challa.
Okoye — Danai Gurira: Pemimpin Dora Milaje, prajurit elit Wakanda yang seluruhnya adalah wanita, dia juga merupakan jenderal pasukan bersenjata Wakanda

Sekutu:
W’Kabi — Daniel Kaluuya: Sahabat T’Challa dan kepala keamanan Suku Perbatasan
Zuri — Forest Whitaker: Penasihat kerajaan, penjaga Heart-Shaped Herb, pemberi kekuatan super
Everett K. Ross — Martin Freeman: Agen CIA yang pergi ke Wakanda

Musuh
Erik “Killmonger” Stevens — Michael B. Jordan: Orang Wakanda yang dibesarkan di Amerika yang ingin berkuasa di Wakanda
M’Baku — Winston Duke: Pemimpin Jabari, suku pegunungan, menantang cara pemerintahan T’Challa
Ulysses Klaue — Andy Serkis: Penjual senjata di pasar gelap yang beroperasi di luar Afrika Selatan dan beraliansi dengan Killmonger

(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5906 seconds (0.1#10.140)