Anti Boros! Ini Dia Tips Hemat saat Long Weekend!

Kamis, 21 Desember 2023 - 16:00 WIB
loading...
Anti Boros! Ini Dia Tips Hemat saat Long Weekend!
Mendekati libur akhir tahun dan natal merupakan yang ditunggu oleh semua masyarakat. Libur Natal tahun baru meningkatkan antusias masyarakat untuk berpergian. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Mendekati libur akhir tahun dan natal merupakan hari yang ditunggu oleh semua masyarakat. Libur Natal tahun baru (Nataru) meningkatkan antusias semua kalangan masyarakat untuk berpergian ke dalam maupun luar negeri.

Masyarakat memanfaatkan waktu ini untuk berkumpul bersama keluarga maupun kerabat karena waktu libur yang cukup panjang. Momentum libur Nataru ini seringkali menghabiskan budget yang banyak sehingga membuat dompet boncos. Berikut tips yang bisa disiapkan agar terhindar dari dompet boncos :

Siapkan anggaran liburan dengan matang

Liburan merupakan hal yang paling ditunggu oleh semua lapisan masyarakat. Waktu liburan yang panjang seperti Nataru ini sudah pasti membutuhkan dana yang cukup banyak. Kebutuhan dana untuk liburan tergantung dari destinasi yang akan dituju. Teman cuan bisa merencanakan mulai dari destinasi, transportasi, akomodasi hingga konsumsi.



Membuat rekening terpisah liburan dan kebutuhan


Seringkali mengumpulkan dana untuk liburan digabung dengan kebutuhan sehari - hari. Hal ini dapat menyebabkan cash flow yang berantakan atau gagal liburan karena dana yang terpakai untuk belanja kebutuhan. Membuat rekening terpisah sangatlah membantu dalam mengumpulkan dana liburan dan menghindari cash flow yang berantakan.

Mencari diskon

Kebutuhan liburan bukan hanya mempersiapkan diri saja, namun kebutuhan tiket dan akomodasi seringkali menyebabkan budget melambung tinggi. Harga tiket tidak dapat diprediksi terutama di momen high season. Selain itu kebutuhan lain seperti penginapan, konsumsi hingga transportasi juga menjadi pertimbangan besar atau kecilnya budget yang diperlukan. Budget yang tinggi dapat diminimalisir dengan mencari diskon besar di aplikasi tertentu agar kebutuhan lebih hemat.

Hindari belanja konsumtif

Terakhir, selama masa menabung hindari belanja barang - barang konsumtif yang tidak diperlukan. Belanja barang konsumtif seringkali terjadi apalagi di periode akhir tahun ini beberapa produk menawarkan diskon besar.



Nah teman cuan bisa juga lho mulai menginvestasikan dana liburan agar lebih berkembang nantinya. Instrumen investasi yang dapat dicoba yaitu reksa dana, karena memiliki imbal hasil yang kompetitif dan minim risiko. MNC Asset Management selaku manajer investasi menyediakan produk reksa dana pasar uang yaitu MNC Dana Lancar dengan indikasi return 4,64% 1 tahun net dan MNC Dana Syariah Barokah dengan indikasi imbal hasil 4,18% 1 tahun net.

Nasabah bisa membeli reksa dana pasar uang tersebut melalui website motionfunds.id, direct sales, maupun APERD (Agen Penjual Reksa Dana) seperti MotionTrade, IPOT, Ajaib, Bareksa, NAVI by Mirae, POEMS, SMARD.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)