5 Cara Ampuh Bangkit dari Keterpurukan Keuangan

Kamis, 21 Desember 2023 - 18:45 WIB
loading...
5 Cara Ampuh Bangkit dari Keterpurukan Keuangan
Ada beberapa solusi yang bisa membuatmu kembali bangkit dan memperbaiki keadaan yang ada. Apa saja tipsnya? Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Kehidupan memang tak selalu berada di atas, terkadang ada saja hal yang membuat seseorang harus jatuh dan mengalami keterpurukan . Ini pun bisa dirasakan dalam beragam bidang, terutama perekonomian .

Perekonomian menjadi satu hal penting bagi setiap manusia. Bagaimana tidak, untuk keberlangsungan kehidupan, perekonomian menjadi kunci utama terlebih uang sebagai alat jual-beli.

Akan tetapi, dalam suatu kondisi tidak menutup kemungkinan seseorang bisa mempertahankan roda perekonomian yang ada. Bahkan, di tahun 2023 di Indonesia tak sedikit pelaku bunuh diri lantaran terlilit utang .

Sejatinya, bunuh diri bukanlah salah satu solusi terbaik, sebab ada beberapa solusi yang bisa membuatmu kembali bangkit dan memperbaiki keadaan yang ada. Penasaran, apa saja tips bangkit dari keterpurukan finansial? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Three Minutes Booster - Eps. 115 Hidup Lagi Sulit, Bunuh Diri Bukan Solusi!
5 Cara Ampuh Bangkit dari Keterpurukan Keuangan


5 Cara Ampuh Bangkit dari Keterpurukan Keuangan
Jangan Meratapi Keadaan Secara Berlarut-larut
Berhenti untuk meratapi keadaan dan mulailah untuk bangkit kembali. Selain tak ada gunanya, meratapi hal yang lalu juga akan menambah beban pikiran.
Sehingga cobalah untuk berkomunikasi dengan keluarga atau pasangan tentang kondisi keuangan keluarga.

Ubah Gaya Hidup Sehari-hari
Dengan kondisi kehilangan sumber penghasilan dan keterbatasan finansial, sebaiknya ubah segera gaya hidup konsumtif yang biasa dilakukan. Sebisa mungkin, lakukan perencanaan ulang segala jenis pengeluaran rumah tangga dengan terencana.

Dengan begitu, kamu tak harus berhutang hanya demi bertahan hidup sebab sudah melakukan penyesuaian belanja dengan penghasilan.

Pilah Pengeluaran Bulanan
Langkah efektif untuk atasi masalah finansial di masa krisis ekonomi dengan memangkas pengeluaran bulanan. Namun sebelum melakukannya, kamu perlu memilah pengeluaran sesuai kategorinya.
Ini bertujuan agar bisa lebih tahu apa saja kebutuhan wajib dan penting dan mana yang bukan, sehingga bisa melakukan pemangkasan anggaran dengan lebih efektif.

Peka Adanya Peluang Bisnis
Semenjak pandemi, kini diketahui banyak peluang bisnis baru yang sebelumnya tak pernah dibayangkan. Ini lantaran adanya kebijakan pembatasan aktivitas yang hanya boleh di rumah saja.
Sehingga membuat banyak bisnis rumahan yang bermunculan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jangan Tunda Melunasi Utang
Hutang akan menjadi satu beban tersendiri dalam keuangan. Jangan biarkan hutang-hutang tersebut mengganggu ketenangan.
Jika memiliki jumlah hutang yang terbilang besar, maka lakukan pelunasan ini secara bertahap saja. Jangan alokasikan seluruh uang tabungan atau dana darurat untuk melakukan pelunasan hutang sekaligus.

Three Minutes Booster - Eps. 115 Hidup Lagi Sulit, Bunuh Diri Bukan Solusi!
5 Cara Ampuh Bangkit dari Keterpurukan Keuangan

Rupanya permasalahan tentang kehidupan yang sulit seseorang juga dibahas dalam Three Minutes Booster . Penasaran dengan pembahasan tersebut?

Yuk, dengerin Three Minutes Booster Eps. 115 Hidup Lagi Sulit, Bunuh Diri Bukan Solusi! hanya di ROOV . Kamu juga bisa mendengarkan pembahasan tentang berbagai tema yang akan membakar harimu bareng Hilbram Dunar di podcast tersebut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)