Wamen Angela Tanoesoedibjo Bocorkan 4 Tren Parekraf 2024, Salah Satunya Esport Tourism

Jum'at, 22 Desember 2023 - 21:45 WIB
loading...
Wamen Angela Tanoesoedibjo Bocorkan 4 Tren Parekraf 2024, Salah Satunya Esport Tourism
Angela Tanoesoedibjo pun telah menyiapkan program-program lanjutan untuk menyambut 2024. Foto/ MPI.
A A A
JAKARTA - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terus mengalami peningkatan signifikan hingga menyentuh angka 9,5 juta. Bisa dikatakan bahwa 2023 merupakan tahun kebangkitan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari sederet program pemulihan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mulai dari program desa wisata, peningkatan SDM, hingga program pengembangan wisata berkelanjutan di 5 destinasi super prioritas.



Tak ingin tren positif ini berhenti, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo pun telah menyiapkan program-program lanjutan untuk menyambut 2024. Sebagian besar program dirancang mengikuti tren Parekraf yang diprediksi akan booming dan digandrungi wisatawan.

Wamen Angela Tanoesoedibjo menjelaskan terdapat 4 tren di sektor pariwisata yakni, Bleisure, Wellness Experienxe, Deep & Meaningful, dan Set-Jetting. Sementara 4 tren di sektor ekonomi kreatif mencakup Audio-Visual, Mobile Game, Music, dan Kolaborasi.

"Di tahun sebelumnya sebetulnya tren-tren ini sudah ada, tapi diprediksi akan semakin meningkat. Contohnya Bleisure ini sangat menguntungkan bagi kita. Jakarta sekarang jadi pusat bisnis. Jadi wisatawan yang datang untuk keperluan bisnis bisa kita bawa dari Jakarta ke Bali, Labuan Bajo, Borobudur. Akan kita bikin paket-paket gabungan, apalagi semakin banyak mice, ini akan mendorong pertumbuhan bisnis," terang Angela Tanoesoedibjo dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenparekraf, di Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Selain itu, tren wellness experience dan deep & meaningful juga diproyeksikan akan semakin digandrungi. Pasca pandemi Covid-19, perilaku wisatawan dinilai mengalami pergeseran.

Mereka kini semakin sadar akan pentingnya kesehatan, fisik, jiwa maupun spiritual. Di sisi lain, ada banyak wisatawan yang memilih destinasi-destinasi wisata dengan story telling yang kuat.

"Sekaranf semakin banyak wisatawan yang lebih ingin kembali ke nature, yg story tellingbya kuat. Indonesia punya peluang besar karena kita punya nature dan culture yang kaya tinggal kita kemas dengan baik," ungkap Angela.

Untuk di sektor ekonomi kreatif sendiri, Wamen Angela Tanoesoedibjo turut menyoroti tren mobile game yang ia prediksi akan semakin berkembang. Apalagi saat ini, Kemenparekraf tengah menyusun Perpres game yang dilaporkan akan rampung pada akhir tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2601 seconds (0.1#10.140)