Rasakan Nikmatnya Kuliner Khas Pangandaran Ini

Rabu, 21 Februari 2018 - 00:00 WIB
Rasakan Nikmatnya Kuliner Khas Pangandaran Ini
Rasakan Nikmatnya Kuliner Khas Pangandaran Ini
A A A
PANGANDARAN memang dikenal sebagai salah satu kota wisata populer di Jawa Barat. Kabupaten yang baru dimekarkan sejak tahun 2012 ini menawarkan sejuta pesona dan keindahan yang sayang jika Anda lewatkan.

Karena nyatanya, Pangandaran tidak hanya kaya akan pesona wisata pantai, tetapi juga memiliki deretan gua, bukit, dan lembah yang cantik. Tak heran, jika di setiap akhir pekan atau musim liburan, Pangandaran akan menjadi daerah tujuan khusus para wisatawan.

Nah, berkunjung dan berwisata di Pangandaran tentu tak akan lengkap jika Anda belum mencicipi sajian khas kulinernya. Apa saja? Berikut kuliner khas Pangandaran yang wajib Anda coba.

Sate Galunggung
Bagi para pencinta sate, Sate Galunggung khas Pangandaran ini wajib Anda cicipi. Sate ini terdiri dari sate ayam, kambing, dan ikan yang disajikan dengan campuran bumbu rempah yang khas.

Daging sate dimasak dan dibakar hingga empuk, dan kemudian disajikan dengan lumuran bumbu kacang dan sambal kecap. Disediakan pula sepiring nasi atau lontong, sebagai pelengkap sajian Sate Galunggung.

Salah satu warung Sate Galunggung yang direkomendasikan adalah RM Sate Galunggung di Jalan Kidang Pananjung. Warung sate ini terbilang cukup legendaris karena telah ada sejak tahun 1970. Dijamin, sate yang disajikan memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Soto Pangandaran
Layaknya soto ayam pada umumnya, Soto Pangandaran juga disajikan dengan suwiran daging ayam kampung, mi bihun, kacang dan bawang goreng, serta kecambah. Kemudian, sajian tersebut disiram dengan air bumbu soto bening yang segar. Adanya potongan-potongan tomat pada kuah menjadikan kuah soto berasa sedikit kecut namun segar.

Yang unik dari soto ini adalah adanya kerupuk atau emping berwarna merah muda (pink) yang ditaburkan di atas sajian soto. Kerupuk ini bukan sembarang kerupuk, lho. Melainkan kerupuk yang terbuat dari olahan ikan tuna.

Bagaimana? Bagi Anda yang tertarik ingin mencicipinya, bisa berkunjung ke warung Soto Galunggung legendaris yaitu Warung Soto Jarkomi di Jalan Pananjung No 412.

Sajian Aneka Seafood
Sebagai kota pesisir, Pangandaran tentu kaya akan keanekaragaman hayati yang kemudian bisa diolah menjadi makanan olahan laut (seafood). Makanan ini diracik dengan bumbu rempah alami sehingga dijamin mampu memuaskan lidah Anda. Anda bisa menikmati beragam sajian seperti ikan bakar, udang saos tiram, kepiting saos padang, tiram telor asia, cumi tepung, cumi kering cabe, dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa rumah makan seafood yang bisa Anda kunjungi, di antaranya RM Berkah Seafood di Jalan Talanca No 315 dan RM Sari Laut Rasa Sayang di Jalan Kidang Pananjung No 236.

Dawet Dawala Hitam Pangandaran
Berbeda dengan dawet hijau khas Jawa Tengah, dawet ala Pangandaran ini terbuat dari ketan hitam yang berasal dari serbuk abu pembakaran batang padi yang diolah hingga menjadi dawet bertekstur lembut dan wangi. Kemudian, dawet ini disajikan dengan santan kental, gula aren, dan es yang diserut. Uniknya, porsi penyajian dawet hitam ini lebih besar dibandingkan dengan komposisi lainnya. Terkadang, santan yang disajikan juga bisa diperas langsung dari bungkusan serabut kelapa.

Itulah beberapa kuliner yang wajib Anda cicipi ketika berwisata di Pangandaran. Sebelum itu, pastikan bahwa perjalanan wisata Anda telah difasilitasi dengan akomodasi penginapan terbaik namun tidak menguras kantong.

Bagi Anda yang tengah mencari hotel murah di Pangandaran, Anda bisa memilih jaringan Hotel Airy Rooms . Sebuah jaringan hotel dan penginapan terluas, terbesar, dan termurah di Indonesia. Namun, meski murah bukan berarti murahan, lho. Airy Rooms tetap menjamin kenyamanan para tamu dengan 7 fasilitas utama, di antaranya seperti kamar tidur yang bersih; kamar mandi yang lengkap dengan pancuran air hangat dan perlengkapan mandi; serta pendukung kenyamanan kamar seperti TV LCD, AC, dan Wi-fi gratis.

Rasakan Nikmatnya Kuliner Khas Pangandaran Ini


Tak hanya itu, Airy Rooms juga sangat mengedepankan kemudahan dan fleksibilitas. Hal ini terlihat dari cara pemesanan dan pembayaran yang sangat memudahkan para tamu. Untuk pemesanan, bisa melalui booking online di situs resmi atau aplikasi Airy Rooms. Sementara untuk pembayaran, bisa dengan kartu kredit atau melalui transfer antarbank.

Yuk, segera rencanakan liburan Anda di Pangandaran bersama Airy Rooms.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7379 seconds (0.1#10.140)