alexametrics

Ramen Kuah Biru, Mi yang tengah Viral di Jepang

loading...
Ramen Kuah Biru, Mi yang tengah Viral di Jepang
Ramen Kuah Biru menjadi menu yang tengah populer di Jepang. Mi ini juga viral di media sosial. Foto/Istimewa.
A+ A-
TOKYO - Ramen dengan kuah biru tengah menjadi perbincangan hangat di Jepang, setelah Kipposhi mengunggah di Instagram. Ramen dengan nama Clear Chicken Soup Blue ini merupakan kreasi dari pemilik restoran Kipposhi yakni Mr Kozuimi pada Januari 2017.

Dilansir Oddity Central, Kozuimi tak menyangka ramen biru buatannya mendapat respon positif netizen. Bahkan, berkat ramen biru ini, Kipposhi menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Tokyo.

Untuk mendapatkan warna biru, dia terinspirasi dari laut Hawaii, di mana Kozuimi menggunakan kaldu ayam sebagai bahan dasarnya.

Kemudian menggunakan teknik kuno China, yakni Chintan yang membuat kaldu menjadi bening dengan cara merebus kaldu bersama daging cincang yang mampu menyerap partikel yang membuat warna kuah kaldu keruh. Hasil akhir, kaldu berwarna biru bening layaknya air laut.

Meski banyak yang penasaran dengan apa yang digunakan Kozuimi untuk menghasilkan waran biru pada kuah ramen, namun dia enggan membeberkan resepnya lebih dalam. Kozuimi mengklaim warna biru dihasilkan dari bahan alami tanpa pewarna makanan.

Banyak yang menduga Kozuimi menggunakan pyocyanin, pigmen natural yang diekstrak dari alga spirulina. Bahan ini dikenal juga dengan nama Lina Blue. Di Jepang, bahan ini banyak digunakan untuk pewarna dessert, es krim dan minuman.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak