5 Cara Mudah agar Kue Jahe Tetap Renyah, Makanan Khas Natal yang Jadi Favorit

Minggu, 24 Desember 2023 - 12:30 WIB
loading...
5 Cara Mudah agar Kue Jahe Tetap Renyah, Makanan Khas Natal yang Jadi Favorit
Salah satu yang tidak boleh ketinggalan saat Natal adalah kue jahe atau ginger cookies. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA - Perayaan Natal sudah di depan mata. Segala detail seperti ornamen, busana hingga sajian khas Natal pun sudah semakin lengkap.

Salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah kue jahe atau ginger cookies. Sajian biskuit renyah dengan sentuhan manis dan hangatnya jahe ini begitu cocok disantap saat momen Natal.

Namun, kue jahe juga identik dengan teksturnya yang renyah. Untuk itu, pastikan kue jahe yang Anda buat tetap crispy saat disantap di hari Natal.



Tak perlu khawatir, ada beberapa tips jitu untuk membuat kue jahe tetap lezat dan renyah saat disantap. Seperti apa tipsnya? Yuk simak, dilansir Times of India, Minggu (24/12/2023).

1. Turunkan Suhu Kue Jahe

Tips pertama ialah menurunkan suhu kue jahe yang Anda buat. Setelah kue tersebut matang, pastikan Anda tidak langsung menaruhnya ke dalam wadah kedap udara.

Pastikan terlebih dahulu suhu kue jahe tersebut diturunkan ke suhu ruangan sebelum disimpan. Hal ini bertujuan agar kue tetap kuat sehingga renyah saat disantap.

2. Gunakan Wadah Kaca

Wadah kedap udara memiliki banyak jenis, mulai dari yang plastik hingga kaca. Untuk membuat kue jahe Anda renyah sempurna, disarankan untuk menggunakan wadah berbahan kaca.

Wadah kaca adalah cara terbaik untuk menyimpan kue agar tetap renyah. Selain itu, pastikan wadah tersebut memiliki tutup ataupun pengait yang rapat agar tetap kedap udara.

3. Gunakan Penyaring Kopi

Tips selanjutnya ialah menggunakan penyaring kopi atau coffee filter. Anda bisa menggunakan penyaring kopi untuk menjaga kerenyahan kue jahe.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan sedikit soda kue ke dalam penyaring kopi dan menutupnya. Kemudian, letakkan penyaring kopi yang tertutup di dalam kotak kue di posisi mana pun. Dengan begitu, kue jahe Anda akan renyah lebih lama.

4. Jangan Campur Kue Kering dengan Kue Lain

Mungkin Anda sering melihat wadah berisikan berbagai macam kue termasuk kue kering. Nah, untuk menjaga agar kue jahe Anda tetap renyah, jangan campurkan atau disimpan di wadah yang sama dengan kue lain.

Secara umum, ada dua jenis kue yakni kue kering dan lembut. Kue jahe sendiri masuk dalam kategori kue kering.

Jangan pernah menyimpan kue yang lembut dengan kue yang renyah, karena keduanya akan rusak dalam waktu singkat.


5. Gunakan Oven

Satu lagi tips untuk membuat kue jahe Anda tetap renyah saat hari Natal ialah menggunakan oven. Penggunaan oven ini bisa membuat kue kembali krispi saat dimakan

Yang perlu dilakukan hanyalah memanaskan oven terlebih dahulu pada suhu 300 derajat dan meletakkan kue selama 5-10 menit. Kue jahe dan renyah Anda siap untuk dinikmati.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)