MotoGP 2024: Alasan Pit Beirer Tak Promosikan Pedro Acosta ke Tim Pabrikan KTM

Selasa, 26 Desember 2023 - 09:09 WIB
loading...
MotoGP 2024: Alasan Pit Beirer Tak Promosikan Pedro Acosta ke Tim Pabrikan KTM
Direktur Balap KTM, Pit Beirer, mengungkapkan alasan mengapa Pedro Acosta tak dipromosikan ke tim pabrikan KTM Red Bull dalam debutnya di MotoGP 2024 / Foto: Pedro Acosta (@37pedroacosta)
A A A
Direktur Balap KTM, Pit Beirer, mengungkapkan alasan mengapa Pedro Acosta tak dipromosikan ke tim pabrikan KTM Red Bull dalam debutnya di MotoGP 2024. Menurutnya, hal itu hanya akan membuat juara Moto2 2023 itu mendapat banyak tekanan karena dia ingin pembalap muda potensialnya itu berkembang dengan tenang dalam musim perdananya di kelas utama.

Acosta digadang-gadang sebagai rider muda berbakat yang bakal bersinar di MotoGP. Dua gelar juara di kelas Moto3 dan Moto2 berhasil disabetnya.

Bahkan, sebelumnya dia juga menyandang gelar sebagai juara Red Bull Rookies 2020. Pembalap berusia 19 tahun itu mencatatkan waktu yang cukup apik sebagai seorang rookie dalam tes pertamanya di Valencia pada November lalu bersama GASGAS Tech3. Dia hanya terpaut 1,223 detik saja dari rider Aprilia Racing, Maverick Vinales, yang membukukan waktu tercepat.



Dengan potensi besarnya itu, Acosta dinilai layak mendapatkan kursi di tim pabrikan KTM untuk menemani Brad Binder. Terlebih, Jack Miller tampil kurang mengesankan dalam comeback-nya dengan tim asal Austria itu setelah hanya finis di posisi 11 MotoGP 2023.

Akan tetapi, Beirer menegaskan bahwa sejak awal dirinya memang tak akan merombak tim KTM Red Bull yang diperkuat Binder dan Miller, pada MotoGP 2024 mendatang. Dia menilai GASGAS Tech3 merupakan tim yang tepat untuk Acosta dalam mengarungi musim debutnya di kelas utama karena jika langsung membela tim pabrikan maka rider asal Spanyol itu akan mendapat tekanan yang besar.



"Pedro harus masuk ke MotoGP sebagai rookie untuk tahun pertama MotoGP dan bekerja dengan tenang di kelas ini. Jika dia masuk pit dengan Red Bull KTM oranye pada musim pertamanya di MotoGP, akan ada sejumlah tekanan pada dirinya," kata Beirer dilansir dari Speedweek, Senin (25/12/2023).

"Itu sebabnya kami pikir ini adalah cara yang tepat bagi Pedro untuk memulai di kelas utama di tim Hervé Poncharal, yang memiliki banyak pengalaman. Setelah itu kami akan menentukan arah masa depan pada waktu yang tepat," tambahnya.

Acosta sendiri sejauh ini menjadi satu-satunya rookie yang akan tampil di MotoGP 2024. Dia akan berduet dengan juara Moto2 2022, Augusto Fernandes, yang finis di posisi 17 musim lalu dengan koleksi 71 poin dalam debutnya di kelas utama bersama GASGAS Tech 3.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)