Jangan Asal Cuci! Begini Cara Merawat Pakaian yang Benar

Selasa, 26 Desember 2023 - 19:57 WIB
loading...
Jangan Asal Cuci! Begini Cara Merawat Pakaian yang Benar
Cara merawat pakaian yang baik dan benar harus Anda ketahui jika ingin awet dan bisa dipakai kapan pun. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Cara merawat pakaian yang baik dan benar harus Anda ketahui jika ingin pakaian awet dan bisa dipakai kapan pun. Meski tidak sulit, banyak yang belum tahu merawat pakaian dengan baik.

Lantas, bagaimana cara merawat pakaian yang baik dan benar?

Cara Merawat Pakaian

1. Baca Label Perawatan

Luangkan waktu sebentar untuk membaca label perawatan pada setiap pakaian. Anda akan menemukan informasi yang diperlukan untuk memilih suhu air terbaik dan jenis siklus pencucian.

Kain yang berbeda membutuhkan suhu air yang berbeda untuk mempertahankan warna, membersihkan, menghilangkan noda dan kotoran yang berat. Sebagai aturan umum, gunakan air panas untuk menghilangkan bakteri dan air dingin untuk membersihkan pakaian berbahan lembut dan berwarna cerah.

2 Gunakan Deterjen Ramah Lingkungan

Busa pada deterjen umumnya berasal dari zat ammonium lauryl sulfate yang bisa menghasilkan busa yang banyak. Padahal, busa yang banyak tidak ada hubungannya dengan efektivitas kebersihan pakaian. Justru, busa yang berlebihan ini malah bisa mencemari saluran air dengan mengurangi pasokan oksigen pada mikroorganisme di dalam air.

Oleh karena itu, deterjen ramah lingkungan biasanya diformulasikan khusus yang menghasilkan busa minim namun tetap efektif membersihkan pakaian agar lebih ramah lingkungan. Minim busa, sama dengan hemat air.

3. Gunakan Pelembut dan Pewangi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)