Masjid Sheikh Zayed Solo Didorong Jadi Destinasi Wisata Religi dan Edukasi

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:30 WIB
loading...
Masjid Sheikh Zayed Solo Didorong Jadi Destinasi Wisata Religi dan Edukasi
Masjid Raya Sheikh Zayed yang merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, telah hadir di Kota Solo, Jawa Tengah. Foto/Dok SINDOnews
A A A
SOLO - Masjid Raya Sheikh Zayed yang merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, telah hadir di Kota Solo, Jawa Tengah. Masjid ini dibangun dengan dua lantai dan dilengkapi empat menara serta satu kubah utama. Total, ada 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih.

Menurut Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB) Khairul Anam, warga Solo sangat beruntung karena memiliki hubungan baik dengan Uni Emirat Arab sehingga bisa mendatangkan manfaat bagi umat.

"Alhamdulillah dapat melaksanakan salat subuh berjemaah di masjid kebanggaan Warga Solo dan sekitarnya. Banyak wisatawan juga yang menikmati kemegahan masjid satu ini, bahkan shaf salat penuh terisi," beber Anam.

Menurut Anam, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dapat menjadi objek wisata edukasi, selain yang utama sebagai tempat ibadah dan objek wisata religi.

"Ini keren banget asli, saya kagum. Masjid Raya Sheikh Zayedsebagai tujuan wisata religi baru yang tak boleh terlewatkan saat ke Solo. Sebab masjid ini mempunyai kemegahan yang menyedot perhatian," ungkap Anam.

Di sisi lain, Anam juga menyoroti perihal Solo sebagai kota paling toleran menurut SETARA Institute yang merilis laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022.

"Capaian ini mengubahimageSolo yang dulu pernah dianggapkota terorismenjadikota paling toleran di Tanah Air," kata Anam.

Menurut Anam, Kota Solo menjadi representasi kerukunan dan toleransi umat beragama. Tak ada lagi perbedaan antarumat beragama. Justru perbedaan itu menjadi fondasi utama dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)