5 Tips Memilih PTN untuk Persiapan SNBP dan SNBT 2024, Begini Strateginya

Rabu, 27 Desember 2023 - 19:17 WIB
loading...
5 Tips Memilih PTN untuk Persiapan SNBP dan SNBT 2024, Begini Strateginya
Memilih kampus khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak boleh sembarangan karena hal itu tentu saja akan berkaitan dengan keberlangsungan masa depan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 tips memilih PTN untuk persiapan mendaftar SNBP dan SNBT 2024. Memilih kampus khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak boleh sembarangan karena hal itu tentu saja akan berkaitan dengan keberlangsungan masa depan terutama soal kelulusan dan kemudahan mencari pekerjaan.

Semua orang pastinya menginginkan mendapatkan peluang untuk bisa masuk ke PTN favorit dan ternama. Namun, sebenarnya pemilihan PTN bukan hanya berdasarkan banyaknya peminat atau pendaftar saja.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan perlu untuk dipertimbangkan. Dari akun Instagram @masukptn, artikel kali ini akan khusus membahas tips memilih PTN untuk persiapan SNBP dan SNBT 2024, simak ya!

1. Perhatikan Reputasi PTN yang Dipilih


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memperhatikan reputasi PTN yang akan dipilih saat mengikuti SNBP atau SNBT 2024 nanti. Reputasi kampus menjadi aspek yang paling penting untuk diperhatikan dalam memilih perguruan tinggi.

Hal itu dilakukan guna menghindari kesalahan dalam memilih perguruan tinggi yang mungkin tidak memiliki akreditasi. Maka dari itu, pilihlah perguruan tinggi yang berakreditasi dan memiliki reputasi yang baik.

2. Lihat Daya Tampung dan Peminatnya


Yang kedua, silahkan perhatikan dan lihatlah daya tampung serta peminat dari PTN tersebut. Kamu harus mengetahui tingkat
persaingan antar PTN sebagai perbandingan untuk memutuskan mana yang lebih memungkinkan memberikan peluang besar bagimu.

Pilihlah yang tingkat persaingannya paling kecil, dengan begitu kamu akan mudah diterima di sana karena peluang masuk yang cukup besar.


3. Jangan Ikut-ikutan Teman


Nah ini yang paling penting, jangan sampai kamu memilih PTN hanya berdasarkan ikut-ikutan teman. Kamu harus benar-benar mengetahui apa yang kamu minati, apa yang kamu sukai, dan bakat apa yang kamu miliki untuk menentukan jurusan serta perguruan tinggi mana yang cocok untukmu.

Jangan sampai kamu memilih PTN hanya karena ingin selalu bersama dengan temanmu, karena dampak di belakang yang nanti kamu tanggung tidak jarang justru akan menyulitkanmu.

4. Pahami Bidang yang Kamu Minati

Selanjutnya adalah pahami bidang yang kamu minati dengan baik. Hal ini sangat penting karena akan berhubungan dengan materi yang kamu pelajari saat kuliah. Jika materi yang nantinya dipelajari tidak sesuai dengan minat bakatmu, maka bisa saja terjadi ketidakpahaman, dan juga tingkat tekanan yang tinggi saat belajar.

5. Cari Informasi Seputar PTN Impian


Berikutnya, kamu bisa memulai mencari informasi terkait PTN-PTN yang mungkin sudah menjadi incaran serta impianmu. Kamu harus benar-benar memahami apa saja yang ada di PTN impianmu seperti program studi, kegiatan kemahasiswaan dan lain sebagainya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)