Arsitek Uni Eropa Modern Jacques Delors Meninggal pada Usia 98 Tahun

Kamis, 28 Desember 2023 - 07:16 WIB
loading...
Arsitek Uni Eropa Modern Jacques Delors Meninggal pada Usia 98 Tahun
Jacques Delors dikenal sebagai arsitek Uni Eropa modern. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Mantan Presiden Komisi Eropa Jacques Delors – yang digambarkan sebagai arsitek Uni Eropa (UE) modern – meninggal dunia pada usia 98 tahun. Dia membantu menciptakan pasar tunggal yang memungkinkan pergerakan bebas orang, barang dan jasa di dalam blok tersebut.

Menjabat dari tahun 1985 hingga 1995, Delors juga meletakkan dasar bagi mata uang tunggal Eropa, euro. Namun bagi mereka yang skeptis terhadap integrasi, terutama di Inggris, ia dipandang sebagai simbol campur tangan Brussel. Sebuah headline dari tabloid Inggris The Sun pernah meneriakkan: "Up Yours, Delors."

Putri Delors, Martine Aubry, mengatakan dia meninggal dalam tidurnya pada Rabu pagi di rumahnya di Paris.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memuji Delors, yang juga menjabat sebagai menteri keuangan Prancis dari tahun 1981-84, sebagai "negarawan dengan takdir Prancis" dan "pengrajin Eropa kita yang tiada habisnya".

Komitmennya, cita-citanya, dan kebenarannya akan selalu menginspirasi kami, ujarnya. "Saya salut atas karya dan kenangannya serta ikut merasakan kepedihan orang-orang yang dicintainya." Ia menjabat presiden Komisi Eropa selama tiga periode, lebih lama dari siapa pun.

Ursula von der Leyen, yang saat ini memegang jabatan tersebut, mengatakan bahwa Delors adalah "seorang visioner yang membuat Eropa kita lebih kuat".



Presiden Dewan Eropa Charles Michel menggambarkannya sebagai "orang Prancis yang hebat dan orang Eropa yang hebat" yang "memasuki sejarah sebagai salah satu pembangun Eropa kita".

Seorang Sosialis Prancis, Delors sangat percaya pada integrasi pasca perang.

Selain pasar tunggal dan euro, masa jabatannya di puncak UE juga ditandai dengan terciptanya perjanjian Schengen untuk perjalanan dan program Erasmus untuk pertukaran pelajar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)