Martin Birch, Produser Iron Maiden dan Whitesnake Meninggal Dunia

Senin, 10 Agustus 2020 - 23:29 WIB
loading...
Martin Birch, Produser Iron Maiden dan Whitesnake Meninggal Dunia
Martin Birch, produser musik Inggris yang menukangi band besar, seperti album Iron Maiden, Deep Purple, Whitesnake dan Black Sabbath, telah meninggal dunia dalam usia 71 tahun. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Martin Birch, produser musik Inggris yang menukangi band besar, seperti album Iron Maiden, Deep Purple, Whitesnake dan Black Sabbath, telah meninggal dunia dalam usia 71 tahun.

Berita kematiannya diungkapkan oleh vokalis Whitesnake David Coverdale di Twitter pada unggahan 9 Agustus lalu. Namun, penyebab kematiannya masih belum diketahui.

Birch kelahiran Surrey memulai kariernya pada akhir 1960-an sebagai engineer, mengerjakan rekaman untuk Jeff Beck, Fleetwood Mac (“Kiln House” “Bare Trees”), Deep Purple (“In Rock” “Machine Head”) dan Rainbow ("Rising" "Long Live Rock 'n Roll").

Sebagai pengrajin teknologi rekaman awal, dia dengan cakap menangkap energi live band dan amplifikasi yang keras, membantu membuat rekaman yang jelas dan terfokus yang membawa kekuatan baru ke heavy rock tahun 1970-an, saat tepi psych-rock pada 1960-an memudar.

Birch dikenal karena pendekatan midrange-forward, yang julukannya Kepala Sekolah dan mungkin paling dikenal karena bekerja sama dengan Iron Maiden selama 11 tahun. Dia bertindak sebagai produser dan engineer rekaman kanonik seperti "Killers," "Number of The Beast, "" Piece Of Mind "dan" Somewhere In Time."

Dia menindaklanjuti keberhasilan rilis tersebut dengan mengerjakan album Whitesnake 1982 "Saints & Sinners", yang menyertakan versi asli dari single masa depan "Here I Go Again." Lagu ini direkam ulang pada tahun 1987 dan mencapai No. 1 di tangga lagu Billboard Hot 100. (Baca juga: Usai Kecelakaan Sepeda, Simon Cowell Jalani Operasi Punggung 5 Jam ).

Kolaborasi jangka panjang Birch melampaui Maiden dan Whitesnake untuk bekerja dengan band metal lain, seperti Rainbow dan Deep Purple, yang terakhir menyebabkan Birch memimpin dua album Black Sabbath, "Heaven and Hell" dan "Mob Rules".

Meskipun dia pensiun pada 1992, Birch adalah pemain kunci dalam mengantarkan gelombang kedua British Metal pada 1970-an dan memasuki 1980-an ketika genre tersebut mendominasi secara global.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)