alexametrics

10 Hewan yang Wajib Dilindungi

loading...
10 Hewan yang Wajib Dilindungi
10 Hewan yang Wajib Dilindungi. (Istimewa).
A+ A-
1. Burung Jalak Bali
Hewan yang hanya dapat ditemukan di Pulau Bali ini merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan ditetapkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang karena terancam punah. Untuk mencegah kepunahannya, pemerintah menjalankan program penangkaran khusus untuk hewan yang memiliki nama latin Leucopsar rothschildi tersebut.

2. Badak Jawa dan Sumatera
Selain burung jalak bali, badak juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Tercatat hanya ada dua dari lima spesies badak yang masih bertahan dari kepunahan, yaitu badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis ) dan badak jawa (Rhinoceros sondaicus ). Karena jumlahnya yang sangat sedikit, binatang ini dilindungi keberadaannya oleh pemerintah Indonesia. Dua spesies ini masuk dalam kategori sangat terancam sejak 1996.

3. Monyet Hitam Sulawesi
Di Sulawesi, masyarakat lokal sering menyebut monyet hitam sulawesi sebagai yaki, bolai, dan dihe. Monyet berjambul dari Pulau Sulawesi ini masuk dalam salah satu jenis primata yang terancam punah oleh IUCN Redlist. Penyebab kepunahannya adalah perburuan liar yaki untuk diperjualbelikan dan disantap. Sekarang tidak banyak orang yang menyantap daging yaki, tetapi perdagangan yaki tetap dapat ditemukan di sejumlah pasar di Minahasa dan Tomohon.

4. Macan Dahan Kalimantan
Macan dahan kalimantan merupakan jenis kucing liar yang biasa dijumpai di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Jenis macan ini sangat tertutup dan memiliki keahlian memanjat pohon yang hebat sehingga membuatnya lihai bersembunyi dibanding jenis macan lainnya. Eits, sayangnya nih, jenis macan ini diberi status konservasi "Terancam Punah" oleh IUCN Redlist. Berkurangnya jumlah macan dahan ini akibat kebakaran hutan dan perburuan liar.

5. Burung Maleo
Sahabat Gen,burung maleo yang hidup di hutan hujan tropis Sulawesi ini memiliki kebiasaan unik, yaitu sering menimbun telurnya di tanah yang hangat dan terpapar sinar matahari. Ukuran telurnya yang besar membuat masyarakat lokal berlomba-lomba mengumpulkan telur untuk dikonsumsi dan diperdagangkan untuk cenderamata. Karenanya, pemerintah menetapkan burung maleo sebagai hewan yang wajib dilindungi.

6. Badak Bercula Satu
Badak bercula satu ini juga tak luput dari kepunahannya. Berkurangnya populasi badak ini disebabkan perburuan untuk diambil culanya dan hilangnya habitat alami dari fauna yang dilindungi pemerintah ini. Di Taman Nasional Ujung Kulon, badak bercula satu hanya tersisa puluhan ekor nih Sahabat Gen. Karenanya, pemerintah sedang giatgiatnya melakukan pengendalian terhadap perburuan badak bercula satu dengan melakukan kampanye perlindungan hewan langka. Tujuannya supaya anak cucu kita nanti dapat melihat keberadaan hewan pemakan daun-daunan ini.

7. Orangutan Kalimantan
Sahabat Gen, hewan langka yang sering disangka kera ini mempunyai ciri khas tersendiri loh, yaitu mempunyai rambut yang lebih panjang dibandingkan jenis kera lainnya. Di Indonesia, hewan ini dapat ditemukan di hutan tropis yang terdapat di Pulau Kalimantan. Spesies ini terancam punah karena rusaknya habitat asli orangutan akibat kebakaran hutan, penebangan liar, dan perdagangan orangutan secara illegal.

8. Komodo
Sahabat Gen pasti sudah tahu dong dengan komodo. Hewan bernama ilmiah Varanus komodoensis ini merupakan jenis kadal terbesar di dunia. Saking besarnya, hewan ini bisa memiliki berat lebih dari 100 kg. Sahabat Gen harus tahu bahwa komodo menjadi salah satu spesies yang dilindungi pemerintah Indonesia karena perburuan liar yang mengancam populasi reptil raksasa ini. Saking dilindunginya, pemerintah memutuskan untuk mendirikan sebuah Taman Nasional Komodo yang berada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

9. Bekantan
Sahabat Gen yang suka berwisata ke Dunia Fantasi (Dufan) pasti sangat familier dengan bekantan. Hewan yang menjadi maskot Dufan ini memiliki ciri khas, yaitu bentuk hidung yang khas sehingga sering dijuluki monyet belanda. Sayangnya populasi hewan endemik Kalimantan ini semakin berkurang akibat perambahan hutan mangrove sehingga IUCN (International Union for Conservation of Nature) mengategorikan bekantan sebagai satwa langka yang terancam kelestariannya.

10. Macan Tutul Jawa
Macan tutul jawa atau yang lebih dikenal sebagai macan kumbang adalah salah satu spesies yang dapat ditemukan di hutan tropis dan kawasan konservasi seperti di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Hilangnya habitat asli dan penangkapan liar mengakibatkan populasi hewan ini terancam punah sehingga pada tahun 2007 pemerintah menobatkan macan tutul jawa sebagai hewan yang harus dilindungi keberadaannya.

DITHA ADINDA
GEN SINDO
Universitas Indonesia
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak