alexametrics

8 Tips Hilangkan Lemak Perut Pascamelahirkan

loading...
8 Tips Hilangkan Lemak Perut Pascamelahirkan
Tak sedikit wanita yang mengeluh dengan perut mereka yang penuh lemak pascamelahirkan. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Tidak sedikit para ibu yang mengeluhkan kondisi badannya setelah melahirkan lantaran memiliki lemak perut (belly fat) yang membuat tubuh bervolume.

Kondisi itu karena selama sembilan bulan perut mengakomodasi dan menjaga bayi tetap aman. Untuk itu perlu waktu yang tidak sedikit agar bentuk perut kembali normal.

Seperti dilansir healthy guide, setelah kehamilan, perubahan hormonal tubuh menyebabkan rahim secara bertahap kembali ke bentuk normal. Umumnya, rahim membutuhkan waktu sekitar 7-8 minggu untuk kembali ke ukuran semula.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebab hal itu bisa dikurangi dengan mengikuti diet seimbang dan tips efektif berikut ini.



1. Cukup Tidur
Ini adalah cara terbaik untuk mengurangi lemak perut. Istirahat  yang kurang bisa menyebabkan penumpukan toksin di dalam tubuh yang berakibat pada peradangan dan bila tubuh mengalami peradangan, hal itu bisa membuat reseptor lemak berpindah ke daerah pusat dan molekul lemak disimpan di perut.

2. Pijat Tubuh
Ketika belum memungkinkan untuk pergi ke gym, maka pijat seluruh tubuh bisa sangat efektif. Cobalah  pijat perut untuk membantu mengecilkan lemak perut. Pijat akan membantu mendistribusikan lemak ke dalam tubuh dan juga memperbaiki metabolisme sehingga membantu mengurangi lemak bayi. Untuk hasil terbaik, lakukan seminggu sekali.

3. Hitung Kalori
Menghitung kalori membantu mendapatkan cukup kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Gunakan aplikasi mobile yang bisa membantu menakar makanan yang di konsumsi sepanjang hari. Teknik ini dapat membantu memiliki ukuran yang tepat dan memilih makanan sehat, dan tentu saja, ini bermanfaat untuk mengurangi berat badan.

4. Konsumsi Makanan Sehat
Selama periode ini, perlu mempertahankan diet agar bisa menghasilkan cukup susu dan harus dilengkapi dengan mikronutrien untuk membantu menjaga siklus metabolisme bayi dan meningkatkan perkembangan pasca kelahiran.

Oleh karena itu, penting untuk memasukkan sayuran berwarna-warni, sayuran berdaun hijau, buah cruciferous, protein tanpa lemak, dan rempah-rempah dalam makanan sehari-hari. Selain itu, kurangi asupan garam dan gula.

5. Hindari Makanan Olahan
Hindari makanan yang sangat banyak diproses. Kita semua tahu bahwa makanan olahan seperti kue, keripik, permen, makanan panggang, makanan siap saji, dan sebagainya mengandung garam, gula, lemak tidak sehat, dan kalori yang tinggi, dan semuanya dapat menyebabkan lebih banyak lemak perut.

6. Minum Air yang Cukup
Minum cukup air sangat penting untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan minum 1 liter air per hari, wanita dengan berat badan berlebih bisa kehilangan hampir 2kg dalam setahun.

Selain itu, minum air putih juga bisa membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori. Apalagi untuk wanita menyusui, air minum sangat penting untuk penggantian cairan yang hilang melalui produksi susu. Anda harus minum 1-2 liter air setiap hari untuk membantu proses penurunan berat badan.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak